Rosalia, Ravina
(2022)
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google
Slide Berbasis pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan multimedia interaktif ini dilakukan sebagai upaya dalam
pemecahan masalah belajar siswa pada mata pelajaran IPA, rendahnya minat
siswa dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Ini disebabkan guru
kurang terampil menghadirkan sebuah media pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid dan
praktis pada mata pelaran IPA kelas VII SMP.
Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan yang lebih dikenal dengan Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan 4-D. Prosedur pengembangan dan penelitian terdiri
dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development
(pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Validitas dilakukan dengan 3
orang yakni 2 orang ahli media dan 1 orang ahli materi, uji pratikalitas penelitian
dilakukan dengan 30 orang siswa kelas VII di SMPN 7 Pariaman. Alat dan
pengumpulan dara berupa wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis
secara kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil validasi dari dua orang validator layak digunakan
jumlah rata-rata penelitian yaitu dari validator I mendapat rata-rata 4,8 dengan
persentase 97,64% sehingga dikategorikan “Sangat Valid” dan validator II
mendapat rata-rata 4,35 dengan persentase 87,05% sehingga dikategorikan
“Valid”. Sedangkan validator ahli materi dikategorikan “Sangat Valid” dengan
mendapatkan nilai rata-rata 4,85 atau 97,14%. Berdasarkan hasil uji pratikalitas
dari 30 orang siswa kelas VII SMPN 7 Pariaman mendapat rata-rata 4,8 dengan
persentase 97,38% sehingga dikategorikan “Sangat Praktis”. Jadi dapat
disimpulkan multimedia interaktif berbasis Google Slide yang telah
dikembangkan sudah sangat valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam
proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |