Mulya, Rahmat
(2022)
Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan
Keaktifan Belajar Pemuda di Air Tawar Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting untuk meningkatkan kualitas suatu
bangsa. Kualitas suatu bangsa ditandai dan diukur dari kemajuan pendidikannya.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar pemuda pada
kegiatan kajian kepemudaan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat keaktifan
belajar pemuda sebelum diberikan metode diskusi dalam kegiatan kajian
kepemudaan. Melihat keaktifan belajar pemuda sesudah diberikan metode diskusi
serta melihat pengaruh penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan
belajar pemuda di Air Tawar Padang.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif metode
eksperimen semu (Quasi Exsperiment) dengan tujuan untuk mengungkapkan
pengaruh dan sekaligus perbedaan antara dua variabel yang berbeda. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design dengan
kelompok kontrol yang tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol
variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan ekperimen. Populasi dalam
penelitian dengan jumlah 26 orang. Pengambilan sampel yang digunakan peneliti
adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pretest
dan posttest. Teknik analisis data menggunkaan rumus persentase dan Uji T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar pemuda pada
kegiatan kajian kepemudaan di Air Tawar Padang sebelum diberi perlakuan
dikategorikan kurang aktif. Keaktifan belajar pemuda pada kegiatan kajian
kepemudaan di Air Tawar Padang setelah diberi perlakuan dikategorikan aktif
sehingga terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode diskusi dalam
meningkatkan keaktifan belajar pemuda pada kegiatan kajian kepemudaan di Air
Tawar Padang.
Actions (login required)
|
View Item |