Hubungan antara Komunikasi Interpersonal dengan Motivasi Berprestasi Anggota Kelompok Tani Jaya Abadi Nagari Kunangan Parik Rantang Kabupaten Sijunjung

Kurnia, Rahmi (2022) Hubungan antara Komunikasi Interpersonal dengan Motivasi Berprestasi Anggota Kelompok Tani Jaya Abadi Nagari Kunangan Parik Rantang Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Rahmi_Kurnia_18005076_5264_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi berprestasi anggota Kelompok Tani Jaya Abadi Nagari Kunangan Parik Rantang, hal ini diduga karena komunikasi interpersonal antara anggota yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi interpersonal antara anggota tani, motivasi berprestasi anggota tani, dan hubungan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi berprestasi anggota Kelompok Tani Jaya Abadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh anggota tani yang terdaftar dan aktif dalam kegiatan Kelompok Tani Jaya Abadi yang berjumlah tiga puluh delapan orang. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak tiga puluh orang dengan teknik penarikan sampel stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat pengumpulan datanya menggunakan angket yang berisi daftar pernyataan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal anggota Kelompok Tani Jaya Abadi kurang efektif, motivasi berprestasi anggota tani Jaya Abadi rendah, dan terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi berprestasi anggota Kelompok Tani Jaya Abadi Nagari Kunangan Parik Rantang Kabupaten Sijunjung. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada pengelola Kelompok Tani Jaya Abadi untuk untuk dapat menciptakan berbagai kegiatan yang inovatif guna meningkatkan komunikasi interpersonal yang efektif, sehingga mendorong motivasi berprestasi anggota tani Jaya Abadi. Selanjutnya kepada anggota Kelompok Tani Jaya Abadi untuk dapat meningkatkan rasa kepercayaan, dukungan serta keterbukaan antar sesama anggota guna meningkatkan hubungan komunikasi antarpribadi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorJalius, JaliusUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:12
Last Modified: 19 Jan 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41859

Actions (login required)

View Item View Item