Fauziah, Restu
(2022)
Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Analisis Transaksional untuk Mengurangi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan studi pendahuluan pada peserta didik di
SMAN 15 Padang. Temuan awal di lapangan menunjukkan masih banyak peserta didik
yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi interpersonal, antara lain dalam hal
penyampaian pesan atau informasi yang tidak jelas dan penerimaan informasi yang
tidak tepat, informasi yang disampaikan membuat lawan bicara tersinggung, serta
perbedaan pemikiran dan pendapat yang menyebabkan perselisihan, dan kurangnya
penerapan etika dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengungkapkan
perbedaan kesulitan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelompok eksperimen
sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok menggunakan pendekatan analisis
transaksional, (2) mengungkapkan perbedaan kesulitan komunikasi interpersonal pada
peserta didik kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok,
dan (3) mengungkapkan perbedaan kesulitan komunikasi interpersonal peserta didik
kelompok eksperimen yang mengikuti konseling kelompok menggunakan pendekatan
analisis transaksional dengan konseling kelompok tanpa perlakuan khusus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian
eksperimen, sedangkan desain penelitian yang dipilih adalah quasi experimental design
dengan model non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini 10
orang kelompok eksperimen dan 10 orang untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel
menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala
Likert, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan
Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 26.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan
kesulitan komunikasi interpersonal peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan konseling kelompok menggunakan pendekatan analisis
transaksional, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kesulitan komunikasi
interpersonal peserta didik kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
konseling kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan yang signifikan
kesulitan komunikasi interpersonal peserta didik kelompok eksperimen yang diberikan
perlakuan konseling kelompok menggunakan pendekatan analisis transaksional, dengan
peserta didik kelompok kontrol yang diberikan layanan konseling kelompok tanpa
perlakuan khusus. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, konseling kelompok
dengan pendekatan analisis transaksional lebih efektif untuk mengurangi kesulitan
komunikasi interpersonal pada peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |