Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Analisis Transaksional untuk Mengurangi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik

Fauziah, Restu (2022) Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Analisis Transaksional untuk Mengurangi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_RESTU_FAUZIAH_20151025_5263_2022.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan studi pendahuluan pada peserta didik di SMAN 15 Padang. Temuan awal di lapangan menunjukkan masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi interpersonal, antara lain dalam hal penyampaian pesan atau informasi yang tidak jelas dan penerimaan informasi yang tidak tepat, informasi yang disampaikan membuat lawan bicara tersinggung, serta perbedaan pemikiran dan pendapat yang menyebabkan perselisihan, dan kurangnya penerapan etika dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengungkapkan perbedaan kesulitan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok menggunakan pendekatan analisis transaksional, (2) mengungkapkan perbedaan kesulitan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok, dan (3) mengungkapkan perbedaan kesulitan komunikasi interpersonal peserta didik kelompok eksperimen yang mengikuti konseling kelompok menggunakan pendekatan analisis transaksional dengan konseling kelompok tanpa perlakuan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitian yang dipilih adalah quasi experimental design dengan model non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Likert, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 26.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kesulitan komunikasi interpersonal peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan konseling kelompok menggunakan pendekatan analisis transaksional, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kesulitan komunikasi interpersonal peserta didik kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan konseling kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan yang signifikan kesulitan komunikasi interpersonal peserta didik kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan konseling kelompok menggunakan pendekatan analisis transaksional, dengan peserta didik kelompok kontrol yang diberikan layanan konseling kelompok tanpa perlakuan khusus. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional lebih efektif untuk mengurangi kesulitan komunikasi interpersonal pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, RiskaUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:12
Last Modified: 19 Jan 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41857

Actions (login required)

View Item View Item