Evaluasi Geometeri Jalan Tambang dari LSC VI ke PNBP VI di PT. Semen Padang,Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat

Mahesa, Buyung Septa (2022) Evaluasi Geometeri Jalan Tambang dari LSC VI ke PNBP VI di PT. Semen Padang,Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_12_BUYUNG_SEPTA_MAHESA_17080017_658_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pada Departemen Pertambangan PT. Semen Padang yaitu penambangan batu kapur dan silika untuk memasok kebutuhan bahan produksi semen di PT. Semen Padang, metoda penambangan yang diterapkan adalah metoda tambang terbuka Quarry.Pada umumnya untuk menunjang suatu kelancaran penambangan apalagi dalam kegiatan pengangkutan maka yang perlu harus diperhatikan adalah jalan tambang (mine road). Fungsi utama jalan tambang secara umum adalah untuk menunjang kelancaran operasi penambangan terutama dalam kegiatan pengangkutan. Medan berat yang mungkin terdapat disepanjang rute jalan harus diatasi dengan mengubah rancangan jalan untuk meningkatkan aspek manfaat dan keselamatan kerja. Berdasarkan hasil pengamatan yang ditemui penulis dilapangan, masih ada beberapa segmen jalan tambang di PT. Semen Padang dari LSC VI menuju PNBP VIyang tidak memenuhi standar geometri jalan tambang menurut teori, seperti kurangnya lebar jalan, dimana didapat standar lebar jalan lurus yaitu 24,09m sedangkan rentang jalan aktual yang didapat berkisar 14,2 m sampai 30,5 m, tidak adanya nilai beda tinggi cross slope pada jalan angkut, dimana beda tinggi yang sesuai standar didapat 24 cm sedangkan keadaan aktualnya beda tinggi didapatkan masi bernilai 0,7 sampai 19,2 cm dan terlalu tingginya kemiringan jalan, dimana standar sesuai teori 8% kemiringan jalan, namun keadaan aktual didapat masi berkisar dari 0,08% sampai 21,8%.Setelah dilakukan analisis, masalah yang ada dapat diselesaikandengan cara melakukan penambahan lebar jalan pada segmen yang belum memiliki lebar jalan sebesar 24,09 m pada kondisi lurus dan 27 m pada kondisi tikungan , membuat beda tinggir Cross slope sebesar 24cm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahman, Harizona AuliaUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, AuliaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:09
Last Modified: 18 Jan 2023 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41827

Actions (login required)

View Item View Item