Analisis Kestabilan Lereng Disposal dengan Menggunakan Metode Bishop di Site Puncak Jaya CV. Tekad Jaya, Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota

Putri, Nadilla (2022) Analisis Kestabilan Lereng Disposal dengan Menggunakan Metode Bishop di Site Puncak Jaya CV. Tekad Jaya, Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_NADILLA_PUTRI_17137066_750_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

CV. Tekad Jaya memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi untuk bahan galian batu gamping pada areal lahan seluas 6,5 hektar yang berlokasi di Jorong Bulakan, Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Pada CV. Tekad Jaya terdapat longsoran yang terjadi pada lereng timbunan disposal. Longsoran tersebut diasumsikan berupa longosoran busur dengan geometri lereng awal sebelum terjadinya longosoran adalah 72o dan tinggi 44 meter. Longsoran tersebut mengakibatkan terganggunya kegiatan produksi dikarenakan posisi disposal area berada diatas area produksi. Untuk menghindari terjadinya longsoran di masa yang akan datang dan untuk mendapatkan geometri lereng ideal, diperlukan kajian geoteknik yang matang serta metode apa yang akan digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan pada lokasi penelitian nilai parameter geoteknik setelah dilakukannya parameter uji sifat fisik dan mekanik material lereng ialah bobot isi natural sebesar 11,94 kN/m3, bobot isi dalam kondisi kering sebesar 10,24 kN/m3, dan bobot isi jenuh sebesar 13,48 kN/m3. Sedangkan nilai kohesi adalah 52,147 kN/m3, dan sudut geser dalam sebesar 24,45o. Nilai FK berdasarkan nilai parameter uji sifat fisik-mekanik sampel tanah di laboratorium adalah dengan nilai faktor keamanan lereng dalam kondisi kering sebesar 1,046 dan dalam kondisi jenuh adalah 0,904. Hasil penilitian didapatkan nilai FK rekomendasi geometri lereng keseluruhan dengan tinggi lereng 44 meter dan sudut kemiringan lereng 48o untuk kondisi kering menurut metode Bishop Simplified yaitu sebesar 1,49, sedangkan menurut metode Hoek and Bray yaitu sebesar 1,68. Dan untuk kondisi jenuh didapatkan nilai FK menurut metode Bishop Simplified yaitu sebesar 1,304, sedangkan menurut metode Hoek and Bray yaitu sebesar 1,19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorsaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
CorrectorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorOktavia, AdriUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:08
Last Modified: 18 Jan 2023 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41823

Actions (login required)

View Item View Item