Efektivitas Media Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan bagi Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder

Alvyenti, Putri (2022) Efektivitas Media Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan bagi Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Putri_Alvyenti_18003151_5010_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang peserta didik ADHD kelas III SD yang belum mampu menjumlahkan bilangan bulat puluhan dengan teknik menyimpan. Anak ADHD memiliki karakteristik yang sulit mengingat hal detail, maka diperlukan sebuah media yang mampu membantu peserta didik dalam belajar. Media balok angka adalah balok-balok angka yang dilengkapi dengan papan penjumlahan yang dimodif sesuai dengan penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan. Papan penjumlahan dapat menjelaskan konsep dari penjumlahan bilangan bulat puluhan dengan detail ke peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa media balok angka efektif dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat puluhan bagi anak ADHD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research) desain A-B-A. Subjek penelitian yaitu satu peserta didik ADHD kelas III SD yang masih belum bisa menjumlahkan bilangan bulat puluhan dengan teknik menyimpan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, observasi (pengamatan) dan studi dokumentasi. Data-data yang dikumpulkan berupa skor yang berbentuk persentase. Kemudian, data dianalisis dengan analisis visual grafik. Berdasarkan analisis data dari tiga kondisi selama 14 pertemuan, pada kondisi baseline (A 1 ) menunjukkan hasil yaitu, 0%, 0% dan 0%. Kondisi intervensi (B) kemampuan peserta didik menunjukkan peningkatan yang terlihat pada hasil yang diperoleh yaitu, 90%, 80%, 90%, 100%, 100%, dan 100%. Kondisi setelah diberikan intervensi (A 2 ) kemampuan peserta didik menunjukkan peningkatan yang terlihat pada hasil yang diperoleh yaitu, 70%, 80%, 90%, 90% dan 90%. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh bahwa kemampuan penjumlahan bilangan bulat puluhan peserta didik meningkat setelah diberikan intervensi menggunakan media balok angka. Sehingga, media balok angka terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat puluhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:54
Last Modified: 18 Jan 2023 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41803

Actions (login required)

View Item View Item