Fitriani, Nadya
(2022)
Hubungan Antara Dukungan Emosional Orang Tua dengan
Kemandirian Belajar Peserta Didik di MDTA Surau Gudang Kota Solok.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar peserta
didik di MDTA Surau Gudang Kota Solok. Hal ini diduga karena dukungan
emosional orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan dukungan
emosional orang tua (2) menggambarkan kemandirian belajar peserta didik dan (3)
melihat hubungan dukungan emosional orang tua dengan kemandirian belajar di
MDTA Surau Gudang Kota Solok.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis
korelasi. Populasi penelitian adalah peserta didik di MDTA Surau Gudang Kota
Solok dari kelas I, II, III dan IV yang berjumlah 50 orang dan 35 orang dijadikan
sampel penelitian dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus
persentase product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dukungan emosional orang tua
tergolong rendah (2) kemandirian belajar peserta didik di MDTA Surau Gudang Kota
Solok tergolong masih rendah (3) terdapat hubungan signifikan antara dukungan
emosional orang tua dengan kemandirian belajar peserta didik di MDTA Surau
Gudang Kota Solok. Disarankan kepada (1) orang tua hendaknya lebih meningkatkan
dukungan emosionalnya untuk mengoptimalkan belajar peserta didik (2) bagi guru
hendaknya bisa memberikan motivasi dan juga kreatif dalam menggunakan media
pembelajaran sehingga dapat memunculkan semangat belajar yang membuat peserta
didik memiliki kemandirian belajar (3) diharapkan kepada peneliti lain agar memilih
variabel lain yang berhubungan dengan kemandirian belajar.
Actions (login required)
|
View Item |