Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Keterampilan Pertolongan Pertama dalam Kegiatan Ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 7 Padang

Febriyanti, Nurul Fitri (2022) Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Keterampilan Pertolongan Pertama dalam Kegiatan Ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NURUL_FITRI_FEBRIYANTI_18005047_5670_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu rendahnya keterampilan dan pengetahuan pertolongan pertama dalam ekstrakurikuler PMR yang diduga disebabkan akibat mesia yang digunakan oleh pelatih dalam proses pelatihan. Oleh karena itu perlu dilakukan pembaharuan metode pelatihan menggunakan metode role playing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode role playing dalam peningkatan keterampilan pertolongan peserta dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan eksperimen pada preexperimental design menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Alat pengumpulan data yaitu tes keterampilan berupa panduan penilaian dan tes pengetahuan berupa soal tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus t-test sampel korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode role playing dalam peningkatan keterampilan dan pengetahuan pertolongan pertama dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 7 Padang. Artinya penggunaan metode role playing dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan keterampilan pertolongan pertama dalam PMR. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pada nilai pretest dan nilai posttest sebelum dan setelah perlakuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaris,, Jamaris,UNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:51
Last Modified: 18 Jan 2023 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41794

Actions (login required)

View Item View Item