Nurhayati, Nurhayati
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pembelajaran
Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Koopeatif Tipe Picture
and Picture di Kelas III Campago Guguk Bulek.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Hasil pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar (SD) saat ini belum
memuaskan karena tidak terlaksana sesuai dengan tuntutan pembelajaran tematik
terpadu, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dalam
pembelajaran tematik terpadu. Manfaat dari penelitian ini ialah untuk memberikan
inovasi model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
di SDN 11 Campago Guguk Bulek .Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan
kuantitatif.Data penelitian diperoleh dari observasi dan hasil tes.Penelitian dilakukan
pada semester II tahun ajaran 2021/2022.Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas
III SDN 11 Campago Guguk Bulek
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I
memperoleh rata-rata 79,54% (C), siklus II 95,45% (SB); b) pelaksanaan pada aspek
guru siklus I memperoleh rata-rata 81,25% (B) dan siklus II 91,66% (SB);c)
pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 81,25 % (B) dan
siklus II 91,66 % (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata- rata
72,34 % (C) dan siklus 99,30 % (SB). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di
kelas III SDN 11 Campago Guguk Bulek
Actions (login required)
|
View Item |