Mesin Pengupas Kulit Jagung, dan Pemipil Biji Jagung (Perancangan Mesin Multifungsi Pengupas Kulit Jagung dan Pemipil Biji Jagung

Nelson, Firli Ilhamdi (2022) Mesin Pengupas Kulit Jagung, dan Pemipil Biji Jagung (Perancangan Mesin Multifungsi Pengupas Kulit Jagung dan Pemipil Biji Jagung. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_FIRLI_ILHAMDI_NELSON_16072034_1004_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari proyek akhir ini adalah Perancangan Mesin Pengupas Kulit jagung, dan Pemipil Biji jagung. Tahap perancangan dimulai dengan survey bentuk rangka,bodi,, koponenpada mesin dan transmisi, dan mata pisau terhadap Perancangan Mesin Multifungsi Pengupas Kulit Jagung, dan Pemipil Biji Jagung. Tahap selanjutnya adalah pembuatan gambar rancangan pada bodi, rangka, poros sama mata pisau pengupas, pemipil, . Selanjutnya proses pemilihan bahan dan banyaknya bahan yang dibutuhkan. Untuk rangka menggunakan baja besi profil L dan Besi stalbus. Untuk bodi megunakan besi baja plat tebal 1,6 dan 1,2. Untuk mata pengupas menggunakan poros besi baja 1 inchi dengan dilapisi karet dan besi strip dengan panjang 600 mm. Untuk mata pemipil menggunakan baut M10 yang di pasang pada mur yang di las pada rumah mata pisau yang terbuat dari besi pipa berukuran diameter 4 inch dengan panjang 600 mm. Untuk mata pencacah menggunakan besi strip tebal 4 dan pisau pemotong rumput yang jumlah pisau nya 42 dan panjang 600 mm. Selanjutnya proses pengukuran dan pembuatan, dengan proses fabrikasi dan pemesinan. Alat-alat yang digunakan yaitu: mesin bubut dan perlengkapannya, mesin las dan perlengkapan, gerinda, mesin bor dan alat ukur seperti meteran dan jangka sorong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLapisa, RemonUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorRahim, BudhiaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:21
Last Modified: 17 Jan 2023 08:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41789

Actions (login required)

View Item View Item