Pengaruh Kondisi Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Siswa Teknik di SMK Negeri 1 Bukitinggi

Windri, Ressi Novia (2022) Pengaruh Kondisi Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Siswa Teknik di SMK Negeri 1 Bukitinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RESSI_NOVIA_WINDRI_18067016_539_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya angka perceraian di Indonesia berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung pada 2019 lalu sebanyak 480.018 kasus perceraian. Maka meningkat pula angka anak yang menjadi korban broken home. Anak broken home mengalami berbagai masalah yang menyebabkan menurunnya motivasi belajar. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk motivasi belajar yang rendah pada anak broken home. Metode yang penulis gunakan pada penelitian adalah metode kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi pribadi dengan teknis simak, rekam dan tulis. Dalam menentukan populasi, data diperoleh secara primer dari guru bimbingan konseling (BK). Sedangkan untuk teknik pengolahan data penulis menggunakan teknik deskriptif. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan adalah anak dengan kondisi broken home memiliki bentuk-bentuk motivasi belajar yang rendah, seperti : malas untuk sekolah; sering tidak hadir tanpa keterangan; tidak mengerjakan tugas sekolah; tidur di kelas; mengganggu teman saat belajar; tidak mendengarkan arahan guru ketika belajar; anak ingin belajar hanya ketika didampingi orang tua saja; hasil ujian tengah semester yang rendah; tidak memiliki keinginan untuk terus melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi; serta nilai semester yang menurundari semester sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
CorrectorAbadi, ZainalUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:47
Last Modified: 17 Jan 2023 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41779

Actions (login required)

View Item View Item