Pembuatan Program Komputer Analisis Kecepatan Mekanisme Engkol Peluncur sebagai Bagian dari Pengembangan Media Pembelajaran Kinematika dan Dinamika

Rizki, Muhammad (2022) Pembuatan Program Komputer Analisis Kecepatan Mekanisme Engkol Peluncur sebagai Bagian dari Pengembangan Media Pembelajaran Kinematika dan Dinamika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MUHAMMAD_RIZKI_16067062_1065_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah segala bentuk alat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari sumber ke peserta didik. Mekanisme engkol peluncur adalah bagian dari pembelajaran Kinematika dan Dinamika di tingkat universitas yang membahas tentang gerak mesin dengan meninjau lintasan, kecepatan dan percepatannya. Analisis kecepatan dilakukan dengan metode kecepatan relatif dengan cara grafis. Penggunaan rol dan busur dengan media papan tulis tidak efisien karena memakan banyak waktu yang menyebabakan pembelajaran jadi membosankan dan sulit dipahami sehingga perlu dilakukan pengembangan untuk media pembelajaran Kinematika dan Dinamika. Sebagai bagian dari penelitian pengembangan media pembelajaran Kinematika dan dinamika berbasis program komputer, skripsi ini akan membahas analisis kecepatan pada mekanis meengkol peluncur dengan menggunakan bahasa MATLAB. Media pembelajaran ini akan menampilkan langkah penyelesaian mekanis meengkol peluncur cara grafis dan perhitungan Matematikanya. Analisis keberhasilan media yang dibuat menggunakan bahasa MATLAB dilakukan dengan membandingkan langkah danhasil perhitungan MATLAB dengan langkah dan hasil perhitungan manual. Langkah-langkah penyelesaian soal mekanis meengkol peluncur menggunakan MATLAB ditampilkan mengikuti langkah penyelesaian grafis. Hasil perbandingan MATLAB dengan proses manual menunjukkan proses analisis yang sama dan memperoleh persentase kurang dari 1% untukperbedaan nilai kecepatan yang dihitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
CorrectorNurdin, HendriUNSPECIFIED
CorrectorKurniawan, AndroUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:31
Last Modified: 17 Jan 2023 06:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41776

Actions (login required)

View Item View Item