Hubungan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) di SMK Negeri 5 Padang

Ariska, Dodi (2022) Hubungan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DODI_ARISKA_17067102_2474_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fasilitas belajar merupakan salah asatu faktor pendukung pembelajaran, fasilitas belajar yang kurang memadai dan tidak layak digunakan membuat proses pembelajaran yang dialami siswa tidak terlaksana dengan baik dan bisa berimbas atas prestasi belajar siswa tersebut, Salah satunya pada mata pelajaran PDTM yang sangat membutuhkan fasilitas dalam pembelajaran yang contoh nya alat dan mesin di workshop, semakin bagus fasilitas belajar membuat semakin bagus juga hasil yang didapat siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pelajaran PDTM di SMK N 5 Padang. Penelitian kuantitatif korelasional yang digunkan pada penelitian ini. korelasional ialah penelitian yang dilaksanakan guna melihat hubungan antar dua variabel ataupun lebih. Hasil analisis didapat koefisien (r) dari kedua variabel penelititan dengan rhitung 0,778 dan r tabel 0,275 kategori 0,778 > 0,275 , maka Ho diterima. Jadi hipotesis yang diajukan hubungan fasilitas belajar terhadap hasil belajar diterima dan dari hasil analisis didapar koefisien determinasi seharga 60,5%, jadi kontribusi fasilitas belajar atas hasil belajar sebesar 60,5% yang sisanya disebabkab oleh faktor lain. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin (PDTM) di smk negeri 5 Padang. Berdasarkan hasil analisis implikasi dari penelitian ini ialah adanya fasilitas belajar sangat berdampak terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa sehingga perlunya peningkatan dan perawatan fasilitas pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
CorrectorRahim, BulkiaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:31
Last Modified: 17 Jan 2023 06:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41771

Actions (login required)

View Item View Item