Kontribusi Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT-UNP Angkatan 2018 Pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam

Rahman, Bima Aditia (2022) Kontribusi Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT-UNP Angkatan 2018 Pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_BIMA_ADITIA_RAHMAN_15067052_2714_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masih adanya mahasiswa yang kurang serius saat mengikuti perkuliahan serta kurangnya minat dan motivasi untuk mencapai hasil belajar yang lebih optimal, ini mencerminkan bahwa kurangnya kemandirian mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Masih terdapat mahasiswa yang datang tidak tepat waktu dalam mengikuti perkuliahan. Tujuan penelitian ini mengungkapkan seberapa besar kontribusi kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2018 pada mata kuliah Teknologi Pengelasan Logam. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, penelitian ini merupakan penelitian yang dimaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu gejala menurut apa-adanya pada saat penelitian dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang berlokasi di Jl. Prof.Dr. Hamka No. 1, Air Tawar Barat, Padang Utara, Kota Padang. Penelitian ini dilakukan pada Semester Januari – Juni 2021 dengan jumlah populasi dengan total populasi 76 mahasiswa dan sample 43 mahasiswa. Berdasarkan hasi lpenelitian untuk menguji kontribusi antara kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2018 pada mata kuliah Teknologi Pengelasan Logam dengan menggunakan uji Validitas dan Reliabilitas dengan bantuan SPSS. Setelah dilakukan Uji Validitas dan Reliabilitas maka didapatkan hasil yang sudah valid dan reliable. Kesimpulan penilitian ini memiliki besar kontribusi antara kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2018 pada mata kuliah Teknologi Pengelasan Logam sebesar 10.43% dalam kategori rendah dan 89,57 % ada faktor lain yang mempengaruhi terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorIrzal, IrzalUNSPECIFIED
CorrectorRahim, BulkhiaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:10
Last Modified: 17 Jan 2023 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41769

Actions (login required)

View Item View Item