Novita, Marthila Wahyu
(2022)
Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan
Merias Wajah Menggunakan Make Up Melalui Model Explicit Instruction
Bagi Anak Tunarungu Kelas VIII SMPLB (Classroom Action Research di
SLB YPPC Painan).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di
SLB YPPC Painan pada guru kelas tunarungu VIII B. Guru menggunakan
media visual dan praktek pembelajaran keterampilan merias wajah
menggunakan make up yang tidak berkelanjutan berdampak pada rendahnya
kemampuan siswa dalam kelas VIII B dimana ada duaorang siswa yang
mengalami masalah dalam pembelajaran keterampilan merias wajah
menggunakan make up. Karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses pelaksanaan dan mengetahui apakah model explicit
instruction dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan menggunakan
make up bagi anak tunarungu kelas VIII SMPLB di SLB YPPC Painan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam
bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua
siklus, siklus I empat pertemuan dan siklus II tiga pertemuan terdiri dari
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan awal siswa yaitu
RK mendapatkan nilai 37% & dan MD mendapatkan nilai 35%. Setelah
diberikan tindakan pada siklus I hasil yang diperoleh siswa yaitu RK
mendapatkan nilai 58% dan MD mendapatkan nilai 54%. Pada pelaksanaan
tindakan siklus II didapatkan hasil yang diperoleh siswa yaitu RK
mendapatkan nilai 91% dan MD mendapatkan nilai 87%.
Actions (login required)
|
View Item |