Hubungan Antara Strategi Pembelajaran dengan Minat Belajar Anak di TPQ Aisyiyah Kelurahan Bagan Hulu Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Riau

Yasti, Medi (2022) Hubungan Antara Strategi Pembelajaran dengan Minat Belajar Anak di TPQ Aisyiyah Kelurahan Bagan Hulu Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_MEDI_YASTI_17005027_6074_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar anak di TPQ Aisyiyah Kelurahan Bagan Hulu Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Riau. Hal ini diduga karena strategi pembelajaran yang kurang baik mengakibatkan minat belajar anak rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat : 1) Gambaran minat belajar anak di TPQ aisyiyah, 2) Gambaran strategi pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam belajar di TPQ Aisyiyah Bagan Hulu, 3) Mengetahui hubungan antara strategi pembelajaran dan minat belajar anak di TPQ Aisyiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ialah peserta pembelajaran di TPQ Aisyiyah Bagan Hulu yang berjumlah sebanyak 37 orang, teknik pengambilan sampel menggunakam Stratified Random Sampling dan diambil sebanyak 50% yaitu 19 orang. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan Rank Order. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Strategi pembelajaran di TPQ Aisyiyah dikategorikan kurang baik; 2) Minat belajar anak di TPQ Aisyiyah dikategorikan rendah; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan minat belajar anak di TPQ Aisyiyah Kelurahan Bagan Hulu Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Riau. Diharapkan kepada pihak pendidik TPQ agar dapat menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan belajar anak sehingga dapat mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MhdUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:24
Last Modified: 17 Jan 2023 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41760

Actions (login required)

View Item View Item