Yasti, Medi
(2022)
Hubungan Antara Strategi Pembelajaran dengan Minat
Belajar Anak di TPQ Aisyiyah Kelurahan Bagan Hulu Kecamatan Bangko
Kabupaten Rokan Hilir Riau.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar anak di TPQ
Aisyiyah Kelurahan Bagan Hulu Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir
Riau. Hal ini diduga karena strategi pembelajaran yang kurang baik
mengakibatkan minat belajar anak rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat :
1) Gambaran minat belajar anak di TPQ aisyiyah, 2) Gambaran strategi
pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam belajar di TPQ Aisyiyah Bagan
Hulu, 3) Mengetahui hubungan antara strategi pembelajaran dan minat belajar
anak di TPQ Aisyiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
korelasional. Populasi penelitian ialah peserta pembelajaran di TPQ Aisyiyah
Bagan Hulu yang berjumlah sebanyak 37 orang, teknik pengambilan sampel
menggunakam Stratified Random Sampling dan diambil sebanyak 50% yaitu 19
orang. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan alat
pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan
rumus persentase dan Rank Order.
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Strategi pembelajaran di TPQ
Aisyiyah dikategorikan kurang baik; 2) Minat belajar anak di TPQ Aisyiyah
dikategorikan rendah; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara strategi
pembelajaran dengan minat belajar anak di TPQ Aisyiyah Kelurahan Bagan Hulu
Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Riau. Diharapkan kepada pihak
pendidik TPQ agar dapat menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dan
sesuai dengan kebutuhan belajar anak sehingga dapat mendukung kegiatan
pembelajaran yang lebih efektif.
Actions (login required)
|
View Item |