Pengelolaan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Amani Rumah Belajar di Kota Batam

Rabbani, Nabilah Wadiah (2022) Pengelolaan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Amani Rumah Belajar di Kota Batam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NABILAH_WADIAH_RABBANI_18005017_6089_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena unik yang ada pada program pelatihan kerja Lembaga Kursus dan Latihan (LKP) Amani Rumah Belajar di Lembaga ini yang memiliki program-program yang bergerak di sektor garmen dan bordir dan fashion. khususnya di Kepulauan Riau. Lembaga Kursus dan Latihan (LKP) Amani Rumah Belajar ini bekerja bersama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Disnaker yang selalu mempercayai Lembaga dan menyediakan sarana dan prasarana terlengkap ketika hendak mengadakan pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Amani di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengelola, tutor dan 5 peserta didik di Lembaga Kursus dan Pelatihan Rumah Belajar Amani. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik validasi data menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pada komponen perencanaan briefing sebelum setiap kegiatan (2) pada komponen pengorganisasian dengan mengelompokkan peserta didik menjadi 3 forum di masing-masing bidang yaitu kelompok yang belum bisa menjahit, kelompok yang bisa menjahit, kelompok yang bisa menjahit tapi belum bisa menggunakan alat (3) pada komponen penggerakan yang saat ini dilakukan Pengelola/insrtuktur adalah dengan memberikan arahan tidak langsung kepada peserta didik yang sedang mengikuti kursus pelatihan menjahit ini. Namun biasanya Pengelola/insrtuktur menekankan kepada peserta didik untuk serius berlatih di forumnya masing-masing, karena mereka adalah tim yang sangat dihargai kekompakan dan keterkaitannya. penggerakan yang dilakukan kebanyakan dari tutor dan pengurus. (4) pada komponen pengawasan langsung peserta didik yang mengikuti pelatihan kursus menjahit ini. Hal ini dikarenakan kesibukan yang dialami oleh Pengelola sendiri, Pengelola memberikan arahan kepada insrtuktur dan insrtuktur yang akan memberikan pengawasan langsung kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MHDUNSPECIFIED
CorrectorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:07
Last Modified: 17 Jan 2023 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41759

Actions (login required)

View Item View Item