Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis QR Code pada Materi Perbandingan Dua Besaran turunan yang Berbeda (Kecepatan gerak benda dan Volume air) di Kelas V SDN 12 Lembah Melintang Pasaman Barat

Novelda, Mentari (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis QR Code pada Materi Perbandingan Dua Besaran turunan yang Berbeda (Kecepatan gerak benda dan Volume air) di Kelas V SDN 12 Lembah Melintang Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Mentari_Novelda_17129357_6464_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lembar kerja peserta didik yang digunakan di Sekolah Dasar belum ada yang berbasis QR Code yang dibuat semenarik mungkin dengan penuh gambar dan warna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) berbasis QR Code pada materi perbandingan dua besaran turunan yang berbeda (Kecepatan gerak bendadan volume air) di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis QR Code ini mengacu pada model yang dikemukakan oleh Brog & Gall. Prosedur pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis QR Code ini peneliti batasi menjadi lima bagian yakni perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba, dan produk akhir. Pengambilan data didapatkan menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar validasi ahli bahasa. Sedangkan angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek ujicoba pada penelitian ini peserta didik di kelas V SDN 12 Lembah Melintang Pasaman Barat. Hasil penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis QR Code yang dikembangkan memperoleh tingkat validasi dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di nyatakan sangat praktis. Hal ini terlihat dari respon guru yang telah di laksanakan mendapat hasil 90% dengan kategori sangat praktis dan respon siswa mendapatkan hasil 87,6% dengan ketegori sangat praktis. Dengan demikian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis QR Code Pada Materi Perbandingan Dua Besaran Turunan Yang Berbeda (Kecepatan Gerak Benda Dan Volume Air) Di Kelas V SDN 12 Lembah Melintang Pasaman Barat dapat dinyatakan sangat valid dan sangat praktis serta layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
Correctorastimar, NellyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:30
Last Modified: 17 Jan 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41756

Actions (login required)

View Item View Item