Saputra, Junaldi
(2022)
Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Android pada Mata Pelajaran
Biologi Kelas X SMA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai solusi untuk remaja generasi milenial yang
gemar menggunakan smartphone hanya sebagai hiburan semata tanpa ada nilai
edukasi nya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media
pembelajaran berbasis Android yang layak dan praktis. Media ini memungkinkan
siswa dapat memahami materi lebih jelas, mengulang materi Kembali,
meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, serta memungkinkan mahasiswa dapat
belajar secara mandiri. Media pembelajaran berbasis Android dirancang untuk
meningkatkan motivasi belajara siswa menggunakan Smartphone sebagai media
untuk belajar pada generasi milenial sekarang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau
Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 4-D (Four D) (Define, Design, Development, dan
Dessimitation). Penelitian ini diawali dengan observasi, kemudian dilakukan
perancangan sesuai dengan kebutuhan generaasi milenial dengan rancangan konten
pembelajaran visual yang dituangkan ke dalam media pembelajaran berbasis
Android. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis validitas dan
praktikalitas. Uji validitas dilakukan dengan melibatkan 2 orang validator, dua
orang validator media dan satu orang validator materi dari Guru mata pelajaran
Biologi. Kemudian uji praktikalitas produk media pembelajaran berbasis Android
dilakukan kepada 20 orang siswa kelas Fase E. X3 SMA. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembaran penilaian dengan
menggunakan format lima poin dari skala likert, dimana alternative responnya
adalah sangat layak, layak, cukup layak, kurang layak, sangat tidak layak dan hasil
responden uji coba dari bentuk nilai angket, nilai huruf diubah menjadi bentuk nilai
angka, setiap jawaban dihubungkan dengan bentuk pertayaan dan dukungan sikap.
Hasil Pengembangan media pembelajaran berbasis Android menggunakan
adobe animate menunjukkan bahwa produk layak digunakan untuk aspek
materi/konten disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android “Layak
digunakan Tanpa Revisi Sesuai Saran” untuk aspek media berada pada kategori
“Sangat Layak” yang dilihat dari nilai aspek bahas, aspek rekayasa perangkat lunak,
aspek tampilan visual dan aspek Android. Angket praktikalitas yang disebarkan
kepada remaja menyimpulkan behwa media pembelajaran berbasis Android
“Sangat Praktis”. Jadi, media pembelajaran berbasis Android dengan penilaian
“Sangat layak” untuk media dan “Sangat Praktis” dalam penggunaan siswa dengan
hasil nilai 4,59 media layak dan paraktis digunakan oleh siswa untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |