Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA

Saputra, Junaldi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_JUNALDI_SAPUTRA_18004183_5085_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai solusi untuk remaja generasi milenial yang gemar menggunakan smartphone hanya sebagai hiburan semata tanpa ada nilai edukasi nya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Android yang layak dan praktis. Media ini memungkinkan siswa dapat memahami materi lebih jelas, mengulang materi Kembali, meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, serta memungkinkan mahasiswa dapat belajar secara mandiri. Media pembelajaran berbasis Android dirancang untuk meningkatkan motivasi belajara siswa menggunakan Smartphone sebagai media untuk belajar pada generasi milenial sekarang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (Four D) (Define, Design, Development, dan Dessimitation). Penelitian ini diawali dengan observasi, kemudian dilakukan perancangan sesuai dengan kebutuhan generaasi milenial dengan rancangan konten pembelajaran visual yang dituangkan ke dalam media pembelajaran berbasis Android. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan dengan melibatkan 2 orang validator, dua orang validator media dan satu orang validator materi dari Guru mata pelajaran Biologi. Kemudian uji praktikalitas produk media pembelajaran berbasis Android dilakukan kepada 20 orang siswa kelas Fase E. X3 SMA. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembaran penilaian dengan menggunakan format lima poin dari skala likert, dimana alternative responnya adalah sangat layak, layak, cukup layak, kurang layak, sangat tidak layak dan hasil responden uji coba dari bentuk nilai angket, nilai huruf diubah menjadi bentuk nilai angka, setiap jawaban dihubungkan dengan bentuk pertayaan dan dukungan sikap. Hasil Pengembangan media pembelajaran berbasis Android menggunakan adobe animate menunjukkan bahwa produk layak digunakan untuk aspek materi/konten disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android “Layak digunakan Tanpa Revisi Sesuai Saran” untuk aspek media berada pada kategori “Sangat Layak” yang dilihat dari nilai aspek bahas, aspek rekayasa perangkat lunak, aspek tampilan visual dan aspek Android. Angket praktikalitas yang disebarkan kepada remaja menyimpulkan behwa media pembelajaran berbasis Android “Sangat Praktis”. Jadi, media pembelajaran berbasis Android dengan penilaian “Sangat layak” untuk media dan “Sangat Praktis” dalam penggunaan siswa dengan hasil nilai 4,59 media layak dan paraktis digunakan oleh siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorMaizani, FitriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Jan 2023 09:08
Last Modified: 16 Jan 2023 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41730

Actions (login required)

View Item View Item