Peningkatan Hasil Belajar Pesrta Didik pada Pembelajaran Tenatik Terpadu dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (GT) di Kelas V SDN 05 Pasar Baru

Hilmi, Indah Fajri and Lena, Mai Sri (2022) Peningkatan Hasil Belajar Pesrta Didik pada Pembelajaran Tenatik Terpadu dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (GT) di Kelas V SDN 05 Pasar Baru. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7 (3). pp. 105-115. ISSN Print: 2527-418x dan Online: 2622-5123

[img]
Preview
Text
16_MAI_SRI_LENA_7005_26912_1_PB.pdf

Download (764kB) | Preview
Official URL: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/artic...

Abstract

Penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar dari peserta didik. Penelitian termasuk jenis PTK menggunakan metode kuantitatif serta kualitatif yang dilakukan dengan II siklus dengan menggunakan observasi serta tes. Guru serta 25 Peserta Didik sebagai subjek yang diteliti. Siklus I hasil penelitian pada RPP tergolong baik memperoleh rata-rata 80%, siklus II 92% tergolong sangat baik. Pada siklus I Penilaian sikap tergolong baik yaitu 87,5, siklus II memperoleh 94% tergolong sangat baik, sedangkan pada siklus I pelaksanaan pembelajaran 84,4% pada aspek peserta didik tergolong baik dan siklus II memperoleh 94% tergolong sangat baik. Pada siklus I penilaian sikap dikategorikan baik, siklus II sangat baik. Pada siklus I skor rata-rata 72% dan pada siklus II Baik dengan 84% Baik untuk hasil belajar peserta didik. Siklus I yaitu 78% ketuntasan adalah cukup, siklus II yaitu 92% sangat baik. Untuk itu penerapan model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas V SD pada penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:42
Last Modified: 16 Jan 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41729

Actions (login required)

View Item View Item