Pengaruh Penggunaan Metode Game-Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Elektronika Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika di SMK Negeri 5 Padang

Ully, Sonali Arta (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Game-Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Elektronika Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SONALI_ARTA_ULLY_18065020_6523_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran yang diterapkan belum dapat membuat peserta didik aktif dalam proses belajar. Metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar masih monoton sehingga tidak dapat mencapai nilai rata-rata KKTP. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmetodegame-based learningdenganmenggunakan. Quizizpadamatapelajarandasar-dasarteknikelektronika. Penelitiansemacaminimerupakanjenispenelitianeksperimensemu (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas x teknik elektronika SMK Negeri 5 Padang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, diperoleh sampel kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing masing berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 9 september sampai 25 oktober 2022. Pengumpulan data menggunakan 15 pertanyaanobjektifdariteshasilbelajar.informasi yang diperoleh dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil tes penelitian nilai rata-rata siswa yang menggunakan pembelajaran Game-Based Learning yaitu 81,32 sementara siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 74,63. Hasil hipotesispenelitian didapatkan hasil thitung3,279 > ttabel1,668, sehingga hipotesis alternative (H_a) diterima atau menolak hipotesis nihil (H_o). Dapat disimpulkan pada metode pembelajaran Game-Based Learning hasil belajar rata-rata siswa lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar rata-rata siswa model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlmasri, AlmasriUNSPECIFIED
CorrectorJasril, Rahmi IlmiyatiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Ika ParmaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:40
Last Modified: 16 Jan 2023 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41718

Actions (login required)

View Item View Item