Octaliani, Lidya
(2022)
Pengembangan Media Power Point Interaktif Melalui
Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik di Kelas
IV SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang
menjadikan sekolah harus berlangsung secara luring dan daring. Disamping itu,
kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran
yang masih bersifat teacher center menjadikan pembelajaran bersifat pasif. Hal ini
menyebabkan peserta didik kurang tertarik dan sulit mamahami materi
pembelajaran yang masih bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media PowerPoint interaktif pada pembelajaran tematik yang
valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap
dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design),
pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi
(evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon.
Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli
bahasa, dan lembar validasi ahli media/grafik. Angket respon terdiri dari angket
respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini
adalah 9 orang peserta didik yang sudah melakukan vaksinasi tahap pertama di
kelas IV SD Negeri 11 Ampang
Hasil penelitian pengembangan media PowerPoint interaktif yang
dikembangkan memperoleh tingkat validitas 92,04% untuk materi, 90,6% untuk
kebahasaan dan 95,1% untuk media dengan kategori valid. Hasil angket respon di
sekolah menunjukkan bahwa media pembelajaran telah sangat praktis dengan
hasil angket respon guru memperoleh presentase kepraktisan 95,8%. Sedangkan
hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 93,51%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint interaktif pada
pembelajaran tematik di Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk
digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |