Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Lagan Gadang Hilir Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Mareta Wulan (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Lagan Gadang Hilir Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_MARETA_WULAN_SARI_18129067_6315_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang kurang terlaksana dengan baik, pada pelaksanaannya guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, hal ini berpengaruh pada hasil belajar peserta didik yang masih rendah, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 25 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif.Data kualitatif dapat diperoleh dari hasil belajar peserta didik. Data kuantatif berupa hasil pengamatan observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasi belajar tematik terpadu dari sikkus I ke siklus II, Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 79,16% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 81,24% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas siswa rata-rata 81,24% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 78,96 (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 91,05 (sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyani, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:40
Last Modified: 16 Jan 2023 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41715

Actions (login required)

View Item View Item