Sari, Mizia Nadira
(2022)
Perancangan Modul Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Berbasis Mind Mapping.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang modul pembelajaran simulasi dan komunikasi digital yang menarikdan efektif berbasis mind mapping untuksiswakelas X Teknik Audio Vidio di SMK Cendana Padang Panjang, (2) untuk mengetahui tingkat kevalidan atau kelayakan modul pembelajaran simulasi dan komunikasi digital berbasis mind mapping yang dirancang menggunakan software Mind Maple Lite dan dibantu oleh software Flip PDF Corporate Edition. Model pengembangan yang digunakan untuk merancang modul ini adalah model pengembangan ADDIE terbatas, yaitu hanya mengadopsi 4 langkah, karena keterbatasan waktu, dana, dan kemampuan penulis. Uji validitas dilakukan oleh 2 orang dosen dan 1 orang guru mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital yaitu ahli materi dan ahli media, begitu juga dengan uji reliabilitas. Hasil penilaian validasi ahli materi secara keseluruhan mendapat nilai total sebesar 97,23% sehingga termasuk pada kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar, sedangkan validasi ahli media secara keseluruhan mendapat nilai total sebesar 96,48% sehingga termasuk pada kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Adapun hasil uji reliabilitas ahli materi diperoleh nilai koefisien Cronbach alpha sebesar 0,932178932 sehingga termasuk kedalam kategori reliabilitas sangat tinggi, dan hasil ujir eliabilitas ahli media diperoleh nilai koefisien Cronbach alpha sebesar 0,887096774 sehingga termasuk kedalam kategori reliabilita ssangat tinggi.
Actions (login required)
|
View Item |