Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing

Saputra, Randiki and Lena, Mai Sri (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (5). pp. 364-370. ISSN Print: 2685-9351 dan Online: 2785-936x

[img]
Preview
Text
15_MAI_SRI_LENA_6608_Article_Text_21871_1_10_20220906.pdf

Download (290kB) | Preview
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

Penelitian disebabkan karna hasil belajar murid yang memprihatinkan, terlihat pada proses pembelajaran guru lebih dominan memberikan materi pelajaran akibatnya siswa kurang berpartisipasi aktif, model yang dipakai oleh pendidik belum bervariasi dan tidak adanya mental siswa untuk memberikan pendapat. Riset bertujuan guna menggambarkan kenaikan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Parupuk Tabing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), memakai metodologi kualitatif serta kuantitatif yang dilakukan dalam empat fase: planning, implementation, observation dan reflection. Guru beserta siswa merupakan subjek dari penelitian ini. Hasilnya menunjukkan peningkatan diantaranya: a) RPP pada siklus I didapat persentase 79,16% dan Siklus II diperoleh 94,44% sehingga mengalami peningkatan; b) Aktivitas guru di siklus I mencapai persentase 75,92% dan naik di siklus II 96,29%; c) Aktivitas siswa di siklus I mencapai persentase 77,77% dan mengalami kenaikan di siklus II 92,59%; d) hasil belajar diperoleh 79,94 di siklus I dan naik di siklus II 90,05. Oleh karena itu, hasil belajar siswa kelas V di SDN 24 Parupuk Tabing meningkat dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:10
Last Modified: 16 Jan 2023 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41698

Actions (login required)

View Item View Item