Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualized (TAI) pada Tematik Terpadu di SD

Hasandi, Yuliarti Fira and Lena, Mai Sri (2021) Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualized (TAI) pada Tematik Terpadu di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2). pp. 2661-2667. ISSN Print: 614-6754 - online: 2614-3097

[img]
Preview
Text
9_MAI_SRI_LENA_1275_Article_Text_2520_1_10_20210701.pdf

Download (294kB) | Preview
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/127...

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan adanya peningkatan terhadap siswa dengan digunakannya model Team Assisted Individualized (TAI) pada kelas V SDN 04 Cupak. Penelitiannya berjenis PTK serta digunakannya pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Penelitian ini meunjukan hasil: penilaian terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disiklus I 84,65% lalu meningkat disiklus II 94,40%, penilaian terhadap aspek guru disiklus I 80,5% lalu meningkat disiklus II 91,60%, sedangkan pada aspek murid di siklus I 77,75% dan juga siklus II 88,80%,. Penilaian pengetahuan serta keterampilan hasil belajar siswa dimana di siklus I 74,09 dan siklus II 84,38%. Penilaian sikap siswa pada siklus I dikategorigan baik lalu terjadi peningkatan di siklus II menjadi lebih baik, sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I 48% dan siklus II naik menjadi 90%. Berdasarkan paparan diatas bisa diambil kesimpulan bahwa penelitian dengan digunakannya model Team Assisted Individualized ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:30
Last Modified: 16 Jan 2023 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41692

Actions (login required)

View Item View Item