Perhitungan Produktivitas Alat Berat: Studi Kasus Proyek Lanjutan Pembangunan Lapangan Sepak Bola Marahadin Laing, kota solok

Fauzi, Muhamad (2022) Perhitungan Produktivitas Alat Berat: Studi Kasus Proyek Lanjutan Pembangunan Lapangan Sepak Bola Marahadin Laing, kota solok. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MUHAMAD_FAUZI_19062035_6555_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Alat berat merupakan faktor penting dalam pekerjaan kontruksi dengan skala besar. Setiap proyek konstruksi sangat membutuhkan alat berat untuk mempermudah dan mempercepat pelaksanaan pekerjan kontruksi. Tujuan penggunaan alat berat tersebut tentunya untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah pada waktu yang relatif singkat. Pemerintah Kota Solok bersama Dinas PUPR Kota Solok melakukan peningkatan pada sarana dan prasarana dalam bidang olahraga khususnya sepak bola dengan melakukan Pembangunan Lapangan Sepak Bola Marahadin Laing yang menjadi venue ajang Porprov Sumbar pada tahun 2025. Pada aspek pekerjaan yang sangat besar maka dibutuhkan beberapa alat berat untuk membantu pelaksanaan pekerjaan agar lebih cepat dan efektif. Tujuan proyek akhir ini adalah untuk menghitung produktivitas dan biaya pengoperasian alat berat excavator, bulldozer dan vibrator roller. Dari perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh nilai produktivitas excavator sebesar 62,97 m3/jam, bulldozer sebesar 67,02 m3/jam dan vibrator roller 102,24 m3/jam. Adapun biaya pengoperasian alat berat excavator sebesar Rp. 406.800/jam, bulldozer sebesar Rp. 469.001/jam dan vibrator roller sebesar Rp. 242.331/jam. Dapat disimpulkan nilai produktivitas alat yang diperoleh cukup baik, karena tinggi dan rendahnya produktivitas alat berat dipengaruhi oleh faktor efisiensi seperti: faktor material, faktor cuaca, faktor kondisi lapangan, dan faktor lainnya. Untuk biaya pengoperasian lebih tinggi yang dibandingkan dengan biaya pengoperasian alat berat di lapangan, karena kerusakan alat berat dilapangan tidak sering terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwita, NidalUNSPECIFIED
CorrectorArifin, Ari Syaiful RahmanUNSPECIFIED
CorrectorZola, PrimaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:54
Last Modified: 13 Jan 2023 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41677

Actions (login required)

View Item View Item