Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Adobe Flash pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VIII SMP

Savitri, Dita (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Adobe Flash pada Mata Pelajaran IPA untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_DITA_SAVITRI_18004119_5413_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif berbasis aplikasi Adobe Flash dilatarbelakangi dengan ditemukannya beberapa permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Beberapa permasalah dalam pembelajaran IPA yang ditemukan diantaranya sumber belajar yang digunakan masih terbatas dengan hanya memanfaatkan buku dan LKS saja sehingga pembelajaran berpusat kepada guru dan tidak ada timbal balik respon dari siswa dalam proses pembelajaran. Keterbatasan jam pelajaran yang tidak sesuai dengan banyaknya materi pelajaran serta pemanfaatan media pembelajaran yang belum maksimal juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pengembangan multimedia interaktif berbasis aplikasi Adobe Flash ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ADDIE memuat lima (5) tahapan pengembangan yakni analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Uji validitas pada penelitian melibatkan dua validator media dan satu validator materi. Validator media merupakan Dosen dari Departemen Kurikulum dan teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Sedang validator materi merupakan guru mata pelajaran IPA dari UPTD SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh. Uji praktikalitas produk melibatkan 31 siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan produk multimedia interaktif oleh validator materi dan validator media diperoleh dari uraian data penilaian. Hasil validasi materi oleh validator materi dengan kategori “sangat valid” untuk digunakan pada mata pelajaran IPA, dan dari validator media dengan kategori “sangat valid” untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA. Berdasarkan uji coba kepraktisan media multimedia interaktif termasuk dalam kategori “sangat praktis” untuk digunakan. Jadi, berdasarkan uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis aplikasi Adobe Flash yang dikembangkan “layak” digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorNovriant, NovriantUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:53
Last Modified: 13 Jan 2023 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41673

Actions (login required)

View Item View Item