Hubungan Antara Penerapan Prinsip Andragogi dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C di PKBM Surya Amanah Kabupaten Pasaman

Wenty, Dyka Apmilia (2022) Hubungan Antara Penerapan Prinsip Andragogi dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C di PKBM Surya Amanah Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Dyka_Apmilia_Wenty_18005037_5908_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar pada warga belajar paket C mata pelajaran sosiologi di PKBM Surya Amanah Kabupaten Pasaman, hal ini diduga berhubungan dengan penerapan prinsip andragogi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan prinsip andragogi yang digunakan tutor paket C, motivasi belajar warga belajar paket C mata pelajaran sosiologi dan mengetahui hubungan antara penerapan prinsip andragogi dengan motivasi belajar warga belajar paket C mata pelajaran sosiologi di PKBM Surya Amanah Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Adapun populasi penelitian ini ialah seluruh warga belajar paket C di PKBM Surya Amanah yang berjumlah 96 orang. Sampel diambil sebanyak 51% dari populasi yaitu 49 orang warga belajar dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara untuk mendapatkan data awal. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan korelasional (product moment) dan menggunakan bantuan IBM SPSS (Statistic package and service solution) versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan prinsip andragogi yang digunakan tutor paket C di PKBM Surya Amanah dikategorikan rendah. (2) motivasi belajar warga belajar paket C mata pelajaran sosiologi di PKBM Surya Amanah dikategorikan rendah dan (3) terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan prinsip andragogi dengan motivasi belajar warga belajar paket C mata pelajaran sosiologi di PKBM Surya Amanah Kabupaten Pasaman. Saran untuk pengelola PKBM agar kedepannya dapat lebih menekankan kepada tutor terkait penerapan prinsip andragogi yang digunakan agar motivasi belajar warga belajar dapat meningkat juga. Selanjutnya, tutor paket C agar lebih meningkatkan lagi penerapan prinsip andragogi dalam kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan proses pembelajaran dengan baik. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengidentifikasi karakteristik atau variabel lain yang mempengaruhi motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:53
Last Modified: 13 Jan 2023 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41668

Actions (login required)

View Item View Item