Wenty, Dyka Apmilia
(2022)
Hubungan Antara Penerapan Prinsip Andragogi
dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C di PKBM Surya Amanah
Kabupaten Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar pada warga
belajar paket C mata pelajaran sosiologi di PKBM Surya Amanah Kabupaten
Pasaman, hal ini diduga berhubungan dengan penerapan prinsip andragogi dalam
kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran
penerapan prinsip andragogi yang digunakan tutor paket C, motivasi belajar warga
belajar paket C mata pelajaran sosiologi dan mengetahui hubungan antara
penerapan prinsip andragogi dengan motivasi belajar warga belajar paket C mata
pelajaran sosiologi di PKBM Surya Amanah Kabupaten Pasaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Adapun
populasi penelitian ini ialah seluruh warga belajar paket C di PKBM Surya
Amanah yang berjumlah 96 orang. Sampel diambil sebanyak 51% dari populasi
yaitu 49 orang warga belajar dengan teknik stratified random sampling.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara
untuk mendapatkan data awal. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan
korelasional (product moment) dan menggunakan bantuan IBM SPSS (Statistic
package and service solution) versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan prinsip andragogi
yang digunakan tutor paket C di PKBM Surya Amanah dikategorikan rendah. (2)
motivasi belajar warga belajar paket C mata pelajaran sosiologi di PKBM Surya
Amanah dikategorikan rendah dan (3) terdapat korelasi yang signifikan antara
penerapan prinsip andragogi dengan motivasi belajar warga belajar paket C mata
pelajaran sosiologi di PKBM Surya Amanah Kabupaten Pasaman.
Saran untuk pengelola PKBM agar kedepannya dapat lebih menekankan kepada
tutor terkait penerapan prinsip andragogi yang digunakan agar motivasi belajar
warga belajar dapat meningkat juga. Selanjutnya, tutor paket C agar lebih
meningkatkan lagi penerapan prinsip andragogi dalam kegiatan pembelajaran
mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan proses pembelajaran dengan baik.
Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengidentifikasi karakteristik
atau variabel lain yang mempengaruhi motivasi belajar.
Actions (login required)
|
View Item |