Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Untuk Mencegah Tejadinya Kecelakaan Kerja Pada Proyek

Hana, Febriyana Utari (2022) Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Untuk Mencegah Tejadinya Kecelakaan Kerja Pada Proyek. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_FEBRIYANA_UTARI_HANA_18062024_1590_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proyek Akhir ini dilatar belakangi dengan penetapan kriteria Sistem Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan penilaian tingkat risiko, karena masih adanya kecelakaan kerja pada proyek tersebut. Dilakukan penilaian terhadap kriteria tingkat awal dengan ceklis tentang tingkat Penetepan Kriteria Sistem Manajemen K3 berdasarkan dengan PP No. 50 tahun 2012 dengan pemilihan tingkat awal yakni 64 kriteria. Selanjutnya dilakukan Penilaian tingkat risiko yang dibuat dengan tabel IBPRP berdasarkan dengan Permen PU No. 10 tahun 2021. Penilitian ini menggunakan metode observasi dan pengumpulan data yang dilaksanakan pada proyek pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru. Sumber data yang diambil yaitu data primer dan data sekunder. Tahap pengumpulan data observasi yaitu dengan wawancara dan adapun pilihan jawaban yaitu Ya atau Tidak. Analisis data yang tersedia dalam tabel kriteria yaitu mengidentifikasi penerapan SMK3 berdasarkan Permen PU No. 10 Tahun 2021 dan PP No. 50 Tahun 2012. Penlitian ini juga menilai tingkat risiko dari salah satu pekerjaan high risiko dengan pekerjaan Under Bridge menggunakan tabel IBPRP berdasarkan Permen PU No. 10 Tahun 2021. Dari penelitian didapatkan hasil observasi yang dilakukan dengan wawancara dan pengumpulan data kepada Manager QHSE dengan skor Mayor dan hasil persentase 97% dengan keterangan nilai Sangat Baik. Sedangkan tingkat penliaian risiko berdasarkan penilaian dengan metode kerja Under Bride atau berdasarkan pekerjaan yang beresiko tinggi terdapat nilai Kecil dan Sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelinda, Annisa PritaUNSPECIFIED
CorrectorRahman, Ari SyaifulUNSPECIFIED
CorrectorZuwida, NidalUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:53
Last Modified: 13 Jan 2023 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41667

Actions (login required)

View Item View Item