Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi Pada Proyek Pembangunan Gedung Kantor Wilayah BRI Kota Padang

Refindo, Satria (2022) Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi Pada Proyek Pembangunan Gedung Kantor Wilayah BRI Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_1_SATRIO_REFINDO_17323088_6569_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang akan dibahas adalah analisis penerapaan K3 konstruksi serta hambatannya pada proyek kantor wilayah Bank BRI. Hasil observasi di lapangan ditemukan beberapa masalah yang bisa menimbulkan kerugian bagi kedua belah pihak, hal ini terkait pada penerapan K3 pada proyek. Jenis penelitian yang akan dilakukan merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelit ini menggunakan subyek orang sebagai data untuk penelitian yang akan dilakukan yaitu pengisian kuesioner oleh staff atau pekerja di ruang lingkup proyek, untuk menentukan sampel digunakan teknik Sampling Purposive dengan penggunaan rumus Slovin maka ditemukan jumlah sampel 55 orang responden. Sebelum penelitian dilaksanakan maka perlu dilakukan pengujian kuesioner berupa uji validitas dan reliabilitas. Dalam penelitian ini akan menggunakan program SPSS.26 dan Excel 2010 untuk membantu pengolahan data statistik pada penelitian. Setelah didapatkan data statistik dilanjutkan dengan analisis data, analisis data dilakukan perindikator instrumen penelitian yang mendapatkan skor yaitu SDM 95.45%, peralatan dan pakaian kerja 94.18%, Kesehatan Lingkungan Kerja 89.09%, dan fasilitas lingkungan kerja 84.09%. Setiap indikator termasuk dalam penilaian skor sangat efektif. Hambatan penerapan K3 oleh pekerja 10.55% dan Hambatan penerapan K3 oleh perusahaan 20.73%. Setiap indikator termasuk dalam penilaian skor Tidak efektif. Pada penerapan K3 nilai presentase tertinggi yaitu SDM sedangkan pada Hambatan nilai presentase tertinggi yaitu Hambatan Pelaksanaan K3 oleh Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelinda, Annisa PritaUNSPECIFIED
CorrectorRahman, Ari Syaiful ArifinUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:09
Last Modified: 13 Jan 2023 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41653

Actions (login required)

View Item View Item