Studi tentang Kemampuan Guru Vokasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Payakumbuh dalam Pengimplementasian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ariyosming, Okto (2022) Studi tentang Kemampuan Guru Vokasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Payakumbuh dalam Pengimplementasian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_1_OKTO_ARIYOSMING_16061036_2098_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru vokasi yang kurang mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran maupun mengerjakan tugas sekolah dengan maksimal. Hal tersebut terjadi diduga karena guru vokasi di SMKN 2 Payakumbuh mayoritas berumur di atas 40 tahun yaitu sebanyak 61 orang, dan berumur di bawah 40 tahun (Guru muda) sebanyak 25 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kemampuan guru vokasi di SMKN 2 Payakumbuh dalam pengimplementasian teknologi informasi dan komunikasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian yaitu guru vokasi SMKN 2 payakumbuh yang berjumlah 86 orang. Sedangkan untuk sampel penelitian berjumlah 77 orang yang didapatkan dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada guru vokasi SMKN 2 payakumbuh menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru vokasi SMKN 2 Payakumbuh dalam pengimplementasian teknologi informasi dan komunikasi berada pada kategori sedang. Hasil analisis yang didapat dari sub variabel kemampuan TIK guru adalah 31 (40%) orang berada pada kategori sedang. Pada sub variabel penggunaan perangkat TIK dalam pembelajaran maupun pengerjaan tugas yaitu 36 (47%) orang berada pada kategori sedang, dan sub variabel kelengkapan infrastruktur TIK adalah 30 (39%) orang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa guru vokasi SMKN 2 Payakumbuh memiliki kemampuan sedang dalam pengimplementasian TIK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:04
Last Modified: 13 Jan 2023 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41650

Actions (login required)

View Item View Item