Studi Perbandingan Perilaku Struktur Bangunan Gedung A Dekanat Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Menggunakan Kolom Persegi Dengan Kolom Bulat berdasarkan SNI 1727:2019 dan SNI 2847:2019

Priandika, Nofri (2022) Studi Perbandingan Perilaku Struktur Bangunan Gedung A Dekanat Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Menggunakan Kolom Persegi Dengan Kolom Bulat berdasarkan SNI 1727:2019 dan SNI 2847:2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_1_NOFRI_PRIANDIKA_20323089_2068_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perencanaan struktur bangunan gedung terdiri dari beberapa elemen struktur seperti: balok, kolom, pelat, dinding geser dan fondasi. Pada umumnya, perencanaan struktur bangunan gedung di Indonesia banyak menggunakan kolom persegi sebagai elemen struktur vertikalnya. Salah satu faktor utama yang paling menentukan dalam perencanaan struktur adalah kemampuan bangunan tersebut dalam menahan beban gempa. Hal tersebut diperlukan untuk menjamin keselamatan dalam aspek kekuatan, stabilitas, kemampuan layan, durabilitas dan integritas struktur Ironisnya fenomena gempa yang terjadi di lapangan menunjukan bangunan banyak mengalami kerusakan-kerusakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan perilaku struktur gedung Dekanat A menggunakan kolom persegi dengan kolom bulat dengan luasan yang relatif sama. Kemudian dilakukan perbandingan jumlah tulangan kolom bulat dengan kolom persegi. Dari hasil analisis diperoleh simpangan antar lantai pada kolom persegi lebih besar dari kolom bulat dikarenakan semakin kecil nilai kekakuan maka simpangan yang terjadi semakin besar. Faktor yang mempengaruhi gaya dalam suatu perencanaan adalah nilai kekakuan, karena semakin besar nilai kekakuan maka gaya dalam yang terjadi semakin besar juga. Berdasarkan gaya dalam dan juga kapasitas pada balok didapatkan tulangan tumpuan dan lapangan tidak terlalu berbeda, sedangkan untuk penulangan kolom bulat memiliki tulangan longitudinal 18D 25 dan kolom persegi 20D 25, dapat dikatakan jumlah tulangan kolom persegi lebih sedikit dari kolom bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmar, FajriUNSPECIFIED
CorrectorJuliafad, EkaUNSPECIFIED
CorrectorMelinda, Annisa PritaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:51
Last Modified: 13 Jan 2023 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41648

Actions (login required)

View Item View Item