Hubungan Kendala Pembelajaran Online dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Gambar Teknik

Jumadi, Weni (2021) Hubungan Kendala Pembelajaran Online dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Gambar Teknik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_WENI_JUMADI_17061025_5954_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran online begitu banyak kendala seperti jaringan yang tidak stabil, teknologi yang kurang mendukung. Berdasarkan kendala tersebut terkait pembelajaran online tidak hanya kendala eksternal saja, tetapi erat kaitannya dengan kendala karakteristik pengajar dan karakteristik mahasiswa yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan kendala pembelajaran online karakteristik pengajar dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Gambar Teknik Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, mengetahui hubungan kendala pembelajaran online karakteristik mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Gambar Teknik Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pengajar mata kuliah Gambar Teknik sebanyak 5 orang dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil tahun masuk 2020 yang telah mengambil mata kuliah Gambar Teknik sebanyak 59 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa antara teknologi, karakterisitik pengajar dan hasil belajar mahasiswa tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan memperoleh skor koefisien korelasi r hitung 0,350. Korelasi antara teknologi, karakteristik mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan memperoleh skor koefisien korelasi r hitung -0,144.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArbi, YaumalUNSPECIFIED
CorrectorApdeni, RismaUNSPECIFIED
CorrectorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:44
Last Modified: 12 Jan 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41640

Actions (login required)

View Item View Item