Tingkat Kesiapan Mahasiswa Prodi Kependidikan Di Fakultas Teknik Sebelum Melaksanakan PPL Selama Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19

Artha, Hufa Weno (2022) Tingkat Kesiapan Mahasiswa Prodi Kependidikan Di Fakultas Teknik Sebelum Melaksanakan PPL Selama Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_1_HUFA_WENO_ARTHA_17061058_1470_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu selama pelaksanaan pembelajaran blended learning saat pandemi covid-19, berhasil siswa masih kesulitan menerapkan kompetensi pedagogik dalam hal pengelolaan kelas jika mengajar secara online, masih merasa gugup dan tidak percaya diri dalam latihan mengajar di depan kelas serta masih sulit membuat perangkat pembelajaran dalam hal penyesuai analokasi waktu dan penggunaan kata kerja operasional (KKO). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat kesiapan mahasiswa Program Studi Kependidikan Di Fakultas Teknik sebelum melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) selama pembelajaran blended learningsaatpandemicovid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang telah melaksanakan mata kuliah metode mengajar khusus dan belum melaksanakan PPL semester Juli-Desember 2021 sebanyak 61 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan google form yang dibagikan melalui aplikasi whatsapp. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan mahasiswa prodi kependidikan di Fakultas Teknik sebelum melaksanakan PPL selama pembelajaran blended learning saat pandemicovid-19 berdasarkan kompetensi guru menurut Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 berada dalam kategori baik dengan skor derajat pencapaian sebesar 80,33% ditinjau dari kompetensi pedagogik, 83,78% ditinjau dari kompetensi kepribadian dan 80,82% ditinjau dari kompetensi profesional serta berdasarkan pelaksanaan pembelajaran blended learning selama pandemi covid-19 memperoleh skor derajat pencapaian sebesar 76,47% tergolong dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGiatman, MUNSPECIFIED
CorrectorMardizal, JonniUNSPECIFIED
CorrectorHaq, SyaifulUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:55
Last Modified: 12 Jan 2023 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41632

Actions (login required)

View Item View Item