Hubungan Persepsi Sosial Mahasiswa terhadap Siswa Disabilitas dengan Self Efficacy Mengajar Siswa Disabilitas pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang Tahun Masuk 2019

Nisa, Azizatun (2022) Hubungan Persepsi Sosial Mahasiswa terhadap Siswa Disabilitas dengan Self Efficacy Mengajar Siswa Disabilitas pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang Tahun Masuk 2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Azizatun_Nisa_18003056_5129_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah terkait kemampuan mahasiswa calon guru dalam memahami tugas guru dan kondisi sekolah secara nyata. Pengetahuan mahasiswa mengenai siswa disabilitas yang terbatas serta kurangnya kesempatan untuk bersosialisasi secara langsung dengan siswa disabilitas berpengaruh pada keyakinan diri mahasiswa mengajar siswa disabilitas. Oleh sebab itu penelit ian ini akan mengkaji “Apakah persepsi sosial mahasiswa calon guru terhadap siswa disabilitas berhubungan dengan self efficacy mereka dalam mengajar siswa disabilitas?” Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi sosial mahasiswa terhadap siswa disabilitas dengan self efficacy mengajar siswa disabilitas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar tahun masuk 2019 pada bulan Juli - September 2022 dengan jumlah responden 73 orang, dengan 30 responden sebagai sampel uji, dan 43 responden sebagai sampel penelitian. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan uji statistik korelasi Spearman’s Rank (Rho) yang diolah dengan program SPSS 25 for windows dengan taraf signifikan 5% (0,05). Hasil penelitian menujukkan bahwa persepsi sosial mahasiswa terhadap siswa disabilitas dengan self efficacy mahasiswa mengajar siswa disabilitas memiliki hubungan dengan tingkat keeratan hubungan kedua variabel berada pada kategori sedang dengan arah hubungan yang searah atau berkorelasi positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfendi, JonUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:20
Last Modified: 12 Jan 2023 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41621

Actions (login required)

View Item View Item