Nisa, Azizatun
(2022)
Hubungan Persepsi Sosial Mahasiswa terhadap Siswa
Disabilitas dengan Self Efficacy Mengajar Siswa Disabilitas pada Mahasiswa
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang Tahun
Masuk 2019.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah terkait kemampuan
mahasiswa calon guru dalam memahami tugas guru dan kondisi sekolah secara
nyata. Pengetahuan mahasiswa mengenai siswa disabilitas yang terbatas serta
kurangnya kesempatan untuk bersosialisasi secara langsung dengan siswa disabilitas
berpengaruh pada keyakinan diri mahasiswa mengajar siswa disabilitas. Oleh sebab
itu penelit ian ini akan mengkaji “Apakah persepsi sosial mahasiswa calon guru
terhadap siswa disabilitas berhubungan dengan self efficacy mereka dalam mengajar
siswa disabilitas?”
Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian korelasi dengan pendekatan
kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi
sosial mahasiswa terhadap siswa disabilitas dengan self efficacy mengajar siswa
disabilitas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
tahun masuk 2019 pada bulan Juli - September 2022 dengan jumlah responden 73
orang, dengan 30 responden sebagai sampel uji, dan 43 responden sebagai sampel
penelitian. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan uji statistik
korelasi Spearman’s Rank (Rho) yang diolah dengan program SPSS 25 for windows
dengan taraf signifikan 5% (0,05).
Hasil penelitian menujukkan bahwa persepsi sosial mahasiswa terhadap siswa
disabilitas dengan self efficacy mahasiswa mengajar siswa disabilitas memiliki
hubungan dengan tingkat keeratan hubungan kedua variabel berada pada kategori
sedang dengan arah hubungan yang searah atau berkorelasi positif.
Actions (login required)
|
View Item |