Hubungan Keterampilan Edukasional Pendamping dengan Partisipasi Belajar KPM PKH di Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Bukittinggi

Amelia., Dian Mitri (2022) Hubungan Keterampilan Edukasional Pendamping dengan Partisipasi Belajar KPM PKH di Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Dian_Mitri_Amelia_17005067_5878_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi belajar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Bukittinggi pada pertemuan P2K2. Dugaan sementara hal ini berhubungan dengan keterampilan edukasional pendamping PKH selama pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: (1)Keterampilan edukasional pendamping, (2)Partisipasi belajar KPM PKH, dan (3) Hubungan antara keterampilan edukasional pendamping dengan partisipasi belajar KPM PKH. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Seluruh KPM PKH Kelurahan Puhun Pintu Kabun menjadi populasi, sedangkan sampelnya memakai teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang langsung diberikan kepada responden. Sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus persentase dan untuk melihat hubungan digunakan rumus product moment. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa: (1) Keterampilan edukasional pendamping masih rendah, (2) Partisipasi belajar KPM PKH yang masih rendah, dan (3) terdapat hubungan yang cukup signifikan antara keterampilan edukasional pendamping dengan partisipasi belajar KPM PKH. Diharapkan pendamping dapat menambah keterampilan lain yang dapat meningkatkan partisipasi belajar KPM dan menunjang tercapainya tujuan program PKH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalius, JaliusUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:20
Last Modified: 12 Jan 2023 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41619

Actions (login required)

View Item View Item