Amelia., Dian Mitri
(2022)
Hubungan Keterampilan Edukasional Pendamping dengan
Partisipasi Belajar KPM PKH di Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi belajar Keluarga
Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Puhun
Pintu Kabun, Bukittinggi pada pertemuan P2K2. Dugaan sementara hal ini
berhubungan dengan keterampilan edukasional pendamping PKH selama pertemuan.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: (1)Keterampilan edukasional
pendamping, (2)Partisipasi belajar KPM PKH, dan (3) Hubungan antara keterampilan
edukasional pendamping dengan partisipasi belajar KPM PKH.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Seluruh KPM PKH Kelurahan Puhun Pintu Kabun menjadi populasi,
sedangkan sampelnya memakai teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket yang langsung diberikan kepada responden. Sedangkan
untuk analisis data menggunakan rumus persentase dan untuk melihat hubungan
digunakan rumus product moment.
Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa: (1) Keterampilan edukasional
pendamping masih rendah, (2) Partisipasi belajar KPM PKH yang masih rendah, dan
(3) terdapat hubungan yang cukup signifikan antara keterampilan edukasional
pendamping dengan partisipasi belajar KPM PKH. Diharapkan pendamping dapat
menambah keterampilan lain yang dapat meningkatkan partisipasi belajar KPM dan
menunjang tercapainya tujuan program PKH.
Actions (login required)
|
View Item |