Octavia, Deby
(2022)
Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Sparkol
Videoscribe Berbasis Pendekatan Scientifict pada Pembelajaran Tematik
Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Lubuk Kilangan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran,
media pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak berbasis IT. Sehingga,
menyebabkan pola pembelajaran yang konvensional yang mana pembelajaran
berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. Sehingga,
peserta didik kurang tertarik dan sulit mamahami materi pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mengembagkan media animasi Sparkol Videoscribe pada
pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap,
yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development),
penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data
menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari
lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli
media. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta
didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 14 orang peserta didik di kelas V
SDN 09 Bandar Buat dan 24 orang peserta didik SDN 08 Padang Besi.
Hasil penelitian pengembangan media video yang dikembangkan
memperoleh tingkat validitas 93,18% untuk materi, 90,62% untuk kebahasaan dan
95,53% untuk media dengan kategori valid. Tingkat praktikalitas peserta didik
94,29% di SDN 09 Bandar Buat dan 96,25% di SDN 08 Padang Besi kategori
sangat praktis, dan pratikalitas guru 100% di SDN 09 Bandar Buat dan 95,83% di
SDN 08 Padang Besi kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa media video animasi Sparkol Videoscribe pada pembelajaran tematik di
Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam
pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |