Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Sparkol Videoscribe Berbasis Pendekatan Scientifict pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Lubuk Kilangan

Octavia, Deby (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Sparkol Videoscribe Berbasis Pendekatan Scientifict pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Lubuk Kilangan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DEBY_OCTAVIA_18129055_6388_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran, media pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak berbasis IT. Sehingga, menyebabkan pola pembelajaran yang konvensional yang mana pembelajaran berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. Sehingga, peserta didik kurang tertarik dan sulit mamahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembagkan media animasi Sparkol Videoscribe pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 14 orang peserta didik di kelas V SDN 09 Bandar Buat dan 24 orang peserta didik SDN 08 Padang Besi. Hasil penelitian pengembangan media video yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 93,18% untuk materi, 90,62% untuk kebahasaan dan 95,53% untuk media dengan kategori valid. Tingkat praktikalitas peserta didik 94,29% di SDN 09 Bandar Buat dan 96,25% di SDN 08 Padang Besi kategori sangat praktis, dan pratikalitas guru 100% di SDN 09 Bandar Buat dan 95,83% di SDN 08 Padang Besi kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video animasi Sparkol Videoscribe pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, SriUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:09
Last Modified: 12 Jan 2023 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41617

Actions (login required)

View Item View Item