Analisis Social Reporting oleh Perbankan Syariah di Indonesia (Studi Kasus : Laporan Tahunan Bank Muamalat Tahun 2017-2019).

Paramita, Suci Olivia (2022) Analisis Social Reporting oleh Perbankan Syariah di Indonesia (Studi Kasus : Laporan Tahunan Bank Muamalat Tahun 2017-2019). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Suci_Olivia_Paramita_16043032_908_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan dan kesenjangan sosial merupakan permasalahan yang menjadi perhatian utama dunia. Kesulitan dalam mengakses perbankan di daerah pedesaan serta tidak adanya jaminan yang cukup dalam memperoleh pembiayaan merupakan kendala yang dihadapi masyarakat kurang mampu. Perbankan syariah adalah salah satu institusi yang menjalankan aktivitasnya berdasarkan prinsip�prinsip syariah yang pada hakekatnya bersumber dari Al Qur’an dan Sunnah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengungkapan keadilan sosial oleh Bank Muamalat Indonesia untuk mendapatkan bukti bahwa BMI memang melaksanakan pertanggungjawaban sosial mereka terhadap masyarakat sesuai dengan yang diharuskan oleh alquran dan tidak semata karena kewajiban pelaporan saja. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah penelitian ini mengeksplorasi pelaporan sosial oleh salah satu bank syariah di Indonesia yaitu Bank Muamalat Indonesia dengan penekanan khusus pada pengungkapan terkait keadilan sosial, pengentasan kemiskinan dan redistribusi kekayaan. Penelitian ini menggunakan 3 annual report BMI yaitu pada tahun 2017-2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif interpretif dengan metode analysis content. Hasil penelitian menunjukkan Bank Muamalat Indonesia (BMI) dalam pengungkapan keadilan sosial sebagian besar sudah sesuai dengan syariat islam. Pada tema kepatuhan syariah dengan terang dijelaskan dan diungkapkan dalam annual report bahwa semua kegiatan operasional dan produk bank muamalat sudah sesuai dengan ketentuan syariah dimana hal ini dinyatakan langsung oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) Bank Muamalat Indonesia. Begitupun pada tema kontribusi masyarakat, baitul maal dan qard hasan. ditemukan bahwa semua kegiatan yang dilakukan merupakan agenda rutin sebagai bentuk tanggung jawab kepada Allah SWT dan masyarakat. Namun, ditemukan bahwa pada tema pendanaan proyek sosial bank tidak secara rutin diungkapkan dan terdapat kelangkaan pengungkapan pada tema skema dan akses pembiayaan untuk masyarakat kurang mampu. Dari 5 subtema pada tema ini BMI hanya mengungkapkan 2 subtema saja. Tidak adanya pengungkapan pada skema untuk melatih staf dalam menangani masalah keuangan mikro atau untuk mendapatkan pengalaman dan skema pemberdayaan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelmi, HerlinaUNSPECIFIED
CorrectorAfriyenti, MayarUNSPECIFIED
CorrectorDeviani, DevianiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:47
Last Modified: 12 Jan 2023 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41608

Actions (login required)

View Item View Item