Tenunan Songket Balai Panjang: Studi Kasus di Sentra Tenunan Balai Panjang Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan

Febriani, Thesa (2020) Tenunan Songket Balai Panjang: Studi Kasus di Sentra Tenunan Balai Panjang Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_THESA_FEBRIANI_15075062_967_2020.pdf

Download (953kB) | Preview

Abstract

Tenunan Balai Panjang adalah salah satu tenunan yang ada di Sumatra Barat, yang merupakan pengembangan dari tenunan songket. Namun belum banyak Masyarakat yang mengetahuinya. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk melihat proses menenun, bentuk motif dan tata letak motif pada tenunan songket Balai Panjang di sentra tenunan Balai Panjang Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data berupa data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dikumpulkan dari sejumlah informan. Selanjutnya data dkaji dan di analisa dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu 1) Proses meenenun meliputi : (a) proses persiapan (b) proses menenun (c) finishing. 2). Bentuk Motif yang digunakan pada Sentra Tenunan Balai Panjang terinspirasi dari bentuk alam (tumbuh-tumbuhan, binatang, buah-buahan) yang sudah distilasi sedemikian rupa sehingga membentuk motif dekoratif pada tenunan. Motif pada sentra ini terdiri dari: motif tampuak manggih, motif bungo rayo, dan motif pucuak rabuang, motif itiak tabang, motif bintang jo kumbuah, motif Lakuak Kumbuh, motif itiak pulang patang, sapik kapitiang, motif tenun Bintang Kejora dan motif gonjong limo. 3). Pola Hias yang sering digunakan untuk tenunan pada Sentra Tenunan Balai Panjang adalah pola hias pinggiran, pola hias mengisi bidang, dan pola hias serak. Penepatan motif disesuaikan dengan kegunaan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorYuliarma, YuliarmaUNSPECIFIED
CorrectorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TENUNAN SONGKET
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:40
Last Modified: 11 Jan 2023 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41601

Actions (login required)

View Item View Item