Evaluasi Hasil Penilaian Karyawan pada Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) terhadap Alat Berat Tambang di PT.Semen Padang

Syafira, Rifa Essa (2021) Evaluasi Hasil Penilaian Karyawan pada Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) terhadap Alat Berat Tambang di PT.Semen Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_12_RIFA_ESSA_SYAFIRA_18080032_5164_2021.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) merupakan parameter yang penting dalam setiap proses dan operasional, khususnya dalam sektor industri pertambangan. PT. Semen Padang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam proses pertambangan. Penelitian ini bertujuan mengkaji Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) terutama pada alat berat tambang yang beroperasi dalam kegiatan pertambangan di PT. Semen Padang. Metode penelitian meliputi observasi lapangan, dan kuesioner. Pada kuesioner terdapat beberapa pertanyaan yang mengacu pada Peraturan Pemerintah tentang Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) Mineral dan batubara dimana penerapan sistem manajemen keselamatan pertambangan meliputi 7 (tujuh) elemen. Pada elemen ke 4 yaitu Implementasi terdapat peraturan mengenai Pelaksanaan pengelolaan keselamatan operasi pertambangan yang memiliki 5 sub elemen yaitu sistem dan pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan, Pengamanan Instalasi, Kelayakan alat berat tambang, kompetensi tenaga teknik serta evaluasi laporan hasil terhadap alat berat tambang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa PT. Semen Padang melakukan proses perawatan alat berat rutin sesuai dengan Instruksi Kerja (IK) yang sudah ditetapkan. Hasil kuesioner terhadap penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP)menunjukkan bahwa prosentase penerapan terhadap elemen SMKP pada PT. Semen Padang adalah sebagai berikut Sistem dan Pelaksanaan Pemeliharaan dan Perawatan Sarana, Prasarana, Instalasi, dan Peralatan Pertambangan (75,7%), Pengamana Instalansi (76,4%), Kelayakan Sarana, Prasarana, Instalasi, dan Peralatan Pertambangan (82,3%), Kompetensi Tenaga Teknis (76,8%), Evaluasi Laporan Hasil Kajian Teknis Pertambangan (86,4%) .

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOctova, AdreeUNSPECIFIED
CorrectorKopa, RaimonUNSPECIFIED
CorrectorGusman, MulyaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:18
Last Modified: 11 Jan 2023 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41593

Actions (login required)

View Item View Item