Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) di Kelas SDIT Cahaya Hari Pauh Kembar

Nur, Azizah and Lena, Mai Sri (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) di Kelas SDIT Cahaya Hari Pauh Kembar. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 8 (2). pp. 1309-1323. ISSN Print : 2477-5673 dan Online : 2614-722X

[img]
Preview
Text
6_MAI_SRI_LENA_442_Article_Text_1723_1_10_20221209.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didakt...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) di Kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 25 peserta didik kelas IV A SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan penilaian RPP. Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 88% dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 100% kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 91% meningkat pada siklus II yaitu 100% dengan kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 93% meningkat pada siklus II yaitu 100% dengan kategori amat baik (AB). Pada aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh rata-rata 77,8 dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,4 dengan kategori sangat baik (SB). Sedangkan pada aspek keterampilan pada siklus I memperoleh rata-rata 81,94 dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,48 dengan kategori sangat baik (SB)

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:51
Last Modified: 11 Jan 2023 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41589

Actions (login required)

View Item View Item