Pengembangan Podcast sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Transitif & Intransitif untuk Siswa SD Kelas IV

Fikri, Amirul (2022) Pengembangan Podcast sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Transitif & Intransitif untuk Siswa SD Kelas IV. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Amirul_Fikri_18004062_6434_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengembangan podcast sebagai media pembelajaran dilakukan sebagai bentuk upaya dalam mengatasai permasalahan dalam kegiatan pembelajaran, dimana kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru berdampak pada kurangnya motivasi siswa dalam belajaran. Podcast merupakan media yang cocok dengan pembelajaran bahasa karena selalu berhubungan dengan keterampilan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan podcast sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV agar menghasilkan media yang layak, praktis serta efektif digunakan oleh guru dan siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian Hannafin & Peck. Model pengembangan ini terdiri dari 3 tahapan pada setiap tahapnya yang terdapat evaluasi yaitu Analisis kebutuhan (Need asessment), tahap ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam mengembangkan media pembelajaran berdasarkan hasil analisis kurikulum, analisis siswa dan analisis konsep. Desain (Design), tahap desain ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendokumenkan kaidah dalam pembuatan media podcast yang dilakukan dengan perancangan produk awal. Pengembangan dan implementasi (Development and implementation) Rancangan produk pada tahap desain kemudian dikembangkan menjadi media pembelajaran dan dilakukan uji validitas, praktikalitas dan efektifitas untuk mengetahui kelayakan penggunaan podcast sebagai media pembelajaran yang peneliti kembangkan. Berdasarkan hasil penilaian dari validator media dan validator materi, diperoleh hasil validasi materi rata-rata sebesar 4,9 dikategorikan “sangat sesuai”, hasil validasi dari validator media 1 diperoleh rata-rata sebesar 3,42 dikategorikan “valid” dan validator media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,86 dikategorikan “sangat valid”. Media podcast ini dikatakan “praktis” berdasarkan uji praktikal itas dengan rata-rata nilai 4,37. Hasil efektivitas penggunaan podcast sebagai media pembelajaran didapatakan nilai t-hitung sebesar 8,87 dengan t-tabel sebesar 2,060 sehingga hasil t-hitung > t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan siginifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media podcast untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorAnugrah, SeptriyanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:11
Last Modified: 11 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41579

Actions (login required)

View Item View Item