Fikri, Amirul
(2022)
Pengembangan Podcast sebagai Media Pembelajaran
pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Transitif & Intransitif
untuk Siswa SD Kelas IV.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan podcast sebagai media pembelajaran dilakukan sebagai
bentuk upaya dalam mengatasai permasalahan dalam kegiatan pembelajaran,
dimana kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru berdampak pada
kurangnya motivasi siswa dalam belajaran. Podcast merupakan media yang cocok
dengan pembelajaran bahasa karena selalu berhubungan dengan keterampilan
menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan podcast sebagai media
pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV agar menghasilkan
media yang layak, praktis serta efektif digunakan oleh guru dan siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development
(R&D) dengan model penelitian Hannafin & Peck. Model pengembangan ini terdiri
dari 3 tahapan pada setiap tahapnya yang terdapat evaluasi yaitu Analisis kebutuhan
(Need asessment), tahap ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam
mengembangkan media pembelajaran berdasarkan hasil analisis kurikulum,
analisis siswa dan analisis konsep. Desain (Design), tahap desain ini bertujuan
untuk mengidentifikasi dan mendokumenkan kaidah dalam pembuatan media
podcast yang dilakukan dengan perancangan produk awal. Pengembangan dan
implementasi (Development and implementation) Rancangan produk pada tahap
desain kemudian dikembangkan menjadi media pembelajaran dan dilakukan uji
validitas, praktikalitas dan efektifitas untuk mengetahui kelayakan penggunaan
podcast sebagai media pembelajaran yang peneliti kembangkan.
Berdasarkan hasil penilaian dari validator media dan validator materi,
diperoleh hasil validasi materi rata-rata sebesar 4,9 dikategorikan “sangat sesuai”,
hasil validasi dari validator media 1 diperoleh rata-rata sebesar 3,42 dikategorikan
“valid” dan validator media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,86 dikategorikan “sangat
valid”. Media podcast ini dikatakan “praktis” berdasarkan uji praktikal itas dengan
rata-rata nilai 4,37. Hasil efektivitas penggunaan podcast sebagai media
pembelajaran didapatakan nilai t-hitung sebesar 8,87 dengan t-tabel sebesar 2,060
sehingga hasil t-hitung > t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
siginifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media podcast untuk
mata
pelajaran
Bahasa
Indonesia
kelas
IV.
Actions (login required)
|
View Item |