Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk Siswa Program Studi TKI SMK

Junilawanda, Anisah (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk Siswa Program Studi TKI SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ANISAH_JUNILAWANDA_18004152_5249_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang maksimalnya penggunaan teknologi sebagai media dalam membantu proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Guguak. Selain itu, media yang digunakan juga masih kurang bervariasi, terutama pada materi yang bersifat prosedural. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan produk berupa multimedia interaktif berbasis android pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk siswa Program Studi TKI SMK, sesuai prosedur pengembangan dengan menggunakan standar kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga menjadi suatu multimedia interaktif yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah research and development R&D menggunakan model pengembangan yakni model ADDIE. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini memiliki 5 tahapan, yaitu : (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu satu validator ahli materi dan dua validator ahli media. Uji coba produk dilakukan terhadap 19 siswa kelas XI MM2 dan satu guru mata pelajaran di SMK Negeri 2 Guguak dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dibuat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan produk oleh validator materi dan validator media pada multimedia interaktif diperoleh dari uraian data penilaian oleh validator materi dengan kategori “Sangat Valid” untuk digunakan dengan rata-rata 4,7 dan validator media dengan kategori “Sangat Valid” untuk digunakan dengan rata-rata 4,5. Berdasarkan uji coba kepraktisan media, multimedia interaktif termasuk dalam kategori “Sangat Praktis” untuk digunakan dengan rata-rata 4,6. Jadi, berdasarkan uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android KOMJARDAS yang dikembangkan “layak dan praktis digunakan” dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:11
Last Modified: 11 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41577

Actions (login required)

View Item View Item