Fitri, Annisa
(2022)
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi
Menggunakan Aplikasi Powtoon pada Mata Pelajaran
IPA Terpadu Kelas VII di SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan disekolah,
beberapa fakta dan temuan dilapangan berdasarkan observasi dan pengalaman
peneliti di SMP N 1 V Koto Kampung Dalam, antara lain: 1) pelaksanaan
kegiatan pembelajaran didominasi guru dengan metode ceramah, 2) hasil belajar
siswa rata-rata kelas masih dibawah KKM, 3) sumber belajar berupa buku paket
sebagai sarana belajar 4) materi “Klasifikasi Makhluk Hidup” memiliki cakupan
dan kedalaman yang luas serta kompleks selain itu materi tersebut memiliki
tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk dipahami jika tidak divisualisasikan
dengan tepat dan praktis, 5) belum efektifnya penggunaan media pembelajaran
digital pada saat proses pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk media pembelajaran pada mata pelajaran IPA Terpadu kelas
VII SMP yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan
istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan
Borg and Gall yang bersifat prosedural dan disederhanakan sesuai dengan
kebutuhan penelitian. Uji validitas produk dilakukan oleh 4 validator yaitu 2
orang validator ahli materi di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam dan 2 orang
validator ahli media dosen jurusan KTP FIP UNP. Uji coba produk dilakukan
kepada 30 orang siswa kelas VII di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam dengan
tujuan untuk mengetahui kepraktisan dan efektifitas produk yang dikembangkan.
Pengembangan media video animasi pembelajaran yang hasil
penilaiannya dari 2 validator materi dan media, masing-masing sudah
dikategorikan “sangat valid”, yang mana mendapatkan nilai 4,8 untuk materi, dan
4,84 untuk media, namun terdapat beberapa revisi pada materi serta media. Hasil
analisis uji coba kepraktisan memperoleh nilai rata-rata 4,84 sehingga produk
media pembelajaran berada pada kategori “Sangat Praktis”. Uji efektifitas yang
telah dilakukan menunjukkan t hitung > t tabel sehingga menunjukkan perbedaan
yang lebih tinggi secara signifikan antara pretest dan posttest. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa produk ini efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji
validitas, praktikalitas, dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran yang di hasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada mata
pelajaran IPA Terpadu di SMP. Media pembelajaran ini juga dapat meningkatkan
hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari skor pretest
ke postest.
Actions (login required)
|
View Item |