Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Aplikasi Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VII di SMP

Fitri, Annisa (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Aplikasi Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Annisa_Fitri_18004153_5879_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan disekolah, beberapa fakta dan temuan dilapangan berdasarkan observasi dan pengalaman peneliti di SMP N 1 V Koto Kampung Dalam, antara lain: 1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran didominasi guru dengan metode ceramah, 2) hasil belajar siswa rata-rata kelas masih dibawah KKM, 3) sumber belajar berupa buku paket sebagai sarana belajar 4) materi “Klasifikasi Makhluk Hidup” memiliki cakupan dan kedalaman yang luas serta kompleks selain itu materi tersebut memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk dipahami jika tidak divisualisasikan dengan tepat dan praktis, 5) belum efektifnya penggunaan media pembelajaran digital pada saat proses pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran pada mata pelajaran IPA Terpadu kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang bersifat prosedural dan disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Uji validitas produk dilakukan oleh 4 validator yaitu 2 orang validator ahli materi di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam dan 2 orang validator ahli media dosen jurusan KTP FIP UNP. Uji coba produk dilakukan kepada 30 orang siswa kelas VII di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan dan efektifitas produk yang dikembangkan. Pengembangan media video animasi pembelajaran yang hasil penilaiannya dari 2 validator materi dan media, masing-masing sudah dikategorikan “sangat valid”, yang mana mendapatkan nilai 4,8 untuk materi, dan 4,84 untuk media, namun terdapat beberapa revisi pada materi serta media. Hasil analisis uji coba kepraktisan memperoleh nilai rata-rata 4,84 sehingga produk media pembelajaran berada pada kategori “Sangat Praktis”. Uji efektifitas yang telah dilakukan menunjukkan t hitung > t tabel sehingga menunjukkan perbedaan yang lebih tinggi secara signifikan antara pretest dan posttest. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk ini efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang di hasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada mata pelajaran IPA Terpadu di SMP. Media pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari skor pretest ke postest.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:11
Last Modified: 11 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41575

Actions (login required)

View Item View Item