Lassura, Annisa
(2022)
Hubungan Pendekatan Belajar Tutor dengan Antusias
Warga Belajar Pada Paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya antusias belajar warga
belajar pada paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat. Hal ini diduga karena
pendekatan belajar tutor yang digunkan kurang cocok. Penelitian ini bertujuan
untuk : 1. Adanya warga belajar yang mengantuk saat pembelajaran sedang
berlangsung, 2. Adanya warga belajar yang hadir hanya saat ujian, 3. Adanya
warga belajar yang tidak memperhatikan pada saat tutor menjelaskan materi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
korelasional. Populasi penelitian ialah berjumlah 30 warga belajar dan teknik
pengambilan sampel menggunakam Stratified Random Sampling dan diambil
sebanyak 70% yaitu 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data
menggunakan rumus persentase dan Rank Order.
Hasil penelitian menemukan : 1) Gambaran pendekatan belajar tutor di
paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat dikategorikan kurang baik; 2)
Gambaran antusias warga belajar di paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman
Barat dikategorikan rendah; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara
pendekatan belajar tutor dengan antusias belajar warga belajar di paket C PKBM
Zahratul Syitha Pasaman Barat. Selanjutnya saran bahwa : 1) Bagi tutor agar
menggunakan pendekatan yang tepat dalam belajar yang sesuai dengan
sasaran/warga belajar yang dihadapi sehingga dapat mendukung kegiatan
pembelajaran yang lebih efektif; 2) Bagi warga belajar diharapkan agar dapat
lebih antusias dalam mempelajari materi yang diberikan tutor sehingga
memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal; 3) Bagi peneliti selanjutnya untuk
dapat berinovasi dengan meneliti variabel yang baru sehingga dapat menambah
dan memperbanyak variabel yang ada.
Actions (login required)
|
View Item |