Hubungan Pendekatan Belajar Tutor dengan Antusias Warga Belajar Pada Paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat

Lassura, Annisa (2022) Hubungan Pendekatan Belajar Tutor dengan Antusias Warga Belajar Pada Paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Annisa_Lassura_18005093_5428_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya antusias belajar warga belajar pada paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat. Hal ini diduga karena pendekatan belajar tutor yang digunkan kurang cocok. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Adanya warga belajar yang mengantuk saat pembelajaran sedang berlangsung, 2. Adanya warga belajar yang hadir hanya saat ujian, 3. Adanya warga belajar yang tidak memperhatikan pada saat tutor menjelaskan materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ialah berjumlah 30 warga belajar dan teknik pengambilan sampel menggunakam Stratified Random Sampling dan diambil sebanyak 70% yaitu 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan Rank Order. Hasil penelitian menemukan : 1) Gambaran pendekatan belajar tutor di paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat dikategorikan kurang baik; 2) Gambaran antusias warga belajar di paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat dikategorikan rendah; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan belajar tutor dengan antusias belajar warga belajar di paket C PKBM Zahratul Syitha Pasaman Barat. Selanjutnya saran bahwa : 1) Bagi tutor agar menggunakan pendekatan yang tepat dalam belajar yang sesuai dengan sasaran/warga belajar yang dihadapi sehingga dapat mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih efektif; 2) Bagi warga belajar diharapkan agar dapat lebih antusias dalam mempelajari materi yang diberikan tutor sehingga memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal; 3) Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat berinovasi dengan meneliti variabel yang baru sehingga dapat menambah dan memperbanyak variabel yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:11
Last Modified: 11 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41574

Actions (login required)

View Item View Item