Hubungan Keterbukaan Diri Dengan Komunikasi Interpersonal dan Implikasi terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Anifah, Anifah (2022) Hubungan Keterbukaan Diri Dengan Komunikasi Interpersonal dan Implikasi terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ANIFAH_16006001_6450_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah proses penyampaian pesan dari seseorang dan diterima oleh orang lain yang memiliki hubungan yang dekat sehingga umpan balik dapat disampaikan dengan segera melalui banyak cara yang dapat membangun pengetahuan pribadi satu sama lain dan menimbulkan makna. Komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh beberapa aspek, salah satunya keterbukaan diri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena siswa yang memiliki hambatan dalam melakukan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran komunikasi interpersonal siswa ditinjau dari keterbukaan diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 40 2021 Padang dengan jumlah 301 orang siswa. Jumlah sampel adalah 182 orang siswa yang diperoleh dengan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen model skala Likert. Untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan Pearson Correlation Product Moment dengan Software SPSS versi 20,00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum keterbukaan diri siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 51,6%, (2) secara umum komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 55,5%, (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara keterbukaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa dengan r xy = 0,636 dan taraf signifikan sebesar 0,000. Jadi semakin tinggi keterbukaan diri siswa maka semakin tinggi komunikasi interpersonal siswa. Sebaliknya jika keterbukaan diri siswa rendah maka semakin rendah komunikasi interpersonal siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini guru BK diharapkan dapat memberikan bantuan layanan dan bekerjasama dengan semua pihak yang terkait untuk meningkatkan keterbukaan diri serta mengembangkan komunikasi interpersonal siswa. Agar siswa mampu mengembangkan komunikasi interpersonal dengan baik dan efektif serta mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan diperlukan bantuan guru BK dalam mencapai hal tersebut dengan memberikan layanan Bimbingan dan Konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:31
Last Modified: 11 Jan 2023 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41573

Actions (login required)

View Item View Item