Sari, Yuliana
(2022)
Praktik Literasi Pada Anak di Komunitas Tanah Ombak.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Makalah ini membahas tentang bagaimana praktik literasi pada anak di
Kampung Nelayan Purus III Kota Padang. Kemampuan literasi seorang anak
dapat dilihat dari pola asuh keluarga dan kegiatan yang dilakukan untuk
menunjang kemampuan literasi. Baik buruknya literasi pada anak dapat dilihat
dari praktik literasi yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis penulisan makalah tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dengan mendatangi langsung lokasi, mengamati,
dokumentasi dan wawancara dengan pengurus Komunitas, wawancara masyarakat
dan anak-anak di sekitar Kampung Nelayan Purus III mengenai penerapan praktik
literasi dalam kehidupan. Tujuan penulisan makalah tugas akhir ini adalah untuk
mendeskripsikan bagaimana praktik literasi pada anak Komunitas Tanah Ombak.
Hasil dari pembahasan pada makalah tugas akhir ini.
Hasil dari penulisan ini yaitu kondisi lingkungan masyarakat, dan pola
asuh orang tua sangat mempengaruhi tingkat dan praktik literasi pada anak
diantaranya: (a) karakter anak, sikap, cara berkomunikasi dan pembawaan diri
pada anak sangat di pengaruhi bagaimana cara lingkungan tersebut beradaptasi
dan budaya yang berlaku di masyarakat; (b) orang tua merupakan madrasah
pertama bagi anak, maka pola asuh orang tua sangat penting untuk perkembangan
literasi pada anak, anak yang tidak mendapatkan motivasi dan pantauan dari orang
tua akan menjadi malas untuk belajar, bolos sekolah, nakal, salah pergaulan serta
keinginan untuk tidak melanjutkan sekolah sangat besar; (c) tidak semua orang tua
di Kampung Nelayan Purus III menerapkan praktik literasi baca tulis kepada
anaknya; (d) Komunitas Tanah Ombak menjalankan program yang membuat
tingkat literasi anak semakin meningkat; (e) masyarakat merasa terbantu dengan
adanya program yang dijalankan oleh Komunitas Tanah Ombak dalam memantau,
memotivasi dan menyeeiakan bahan bacaan untuk anak.
Actions (login required)
|
View Item |